Tautan-tautan Akses

China Gelar Dialog Soal Kontraterorisme dengan Iran, Pakistan


Sejumlah warga tampak mengamati bus yang terbakar di distrik Lasbela, Baluchistan, Pakistan, pada 29 Januari 2023. (Foto: AFP/Ismail Sasoli)
Sejumlah warga tampak mengamati bus yang terbakar di distrik Lasbela, Baluchistan, Pakistan, pada 29 Januari 2023. (Foto: AFP/Ismail Sasoli)

China, Iran, dan Pakistan, pada Rabu (7/6), mengadakan konsultasi kontraterorisme trilateral dan keamanan regional pertama mereka di Beijing.

"Para delegasi mengadakan diskusi detail tentang situasi keamanan regional, khususnya ancaman terorisme yang dihadapi kawasan itu," kata pernyataan pascapertemuan di Islamabad. Tidak ada rincian lebih lanjut mengenai pertemuan itu.

Kementerian luar negeri Pakistan dan China mengatakan ketiga negara telah memutuskan untuk melembagakan dan mengadakan pertemuan tersebut secara teratur.

Pejabat senior kontraterorisme China, Pakistan dan Iran dari kementerian luar negeri masing-masing, memimpin tim mereka pada dialog tersebut.

Analis mengatakan provinsi Baluchistan di Pakistan barat daya kemungkinan merupakan agenda penting dalam dialog tersebut. Wilayah yang kaya akan sumber daya alam tetapi miskin itu merupakan inti dari program miliaran dolar yang didanai China, yang disebut Koridor Ekonomi China-Pakistan.

"Pendirian mekanisme keamanan trilateral antara China, Pakistan dan Iran mencerminkan kekhawatiran bersama tentang situasi keamanan di Baluchistan," ungkap Baqir Sajjad, peniliti isu Pakistan di Wilson Center di Washington.

Sajjad mengatakan stabilitas di Baluchistan merupakan hal penting untuk menyukseskan Koridor Ekonomi China-Pakistan.

"Kolaborasi antar ketiga negara tersebut berpotensi meningkatkan keamanan regional dan melawan aktivitas para pemberontak yang bersembunyi di Iran," tambahnya. [ka/jm/rs]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG