Tautan-tautan Akses

Dari Kereta Kuda ke Hyperloop: Revolusi Kereta Amerika


Lokomotif nomor 25 adalah salah satu harta yang paling berharga di B&O Railroad Museum.
Lokomotif nomor 25 adalah salah satu harta yang paling berharga di B&O Railroad Museum.

Kereta pertama muncul di Amerika Serikat pada tahun 1828. Terletak sepenuhnya di negara bagian Maryland, hanya sepanjang 25 kilometer. Saat ini, kereta Amerika terlihat sangat berbeda, modern, cepat dan nyaman.

Lokomotif uap pertama Amerika yang akrab dipanggil Tom Thumb memulai perjalanannya di Baltimore. Kereta itu melaju dengan kecepatan 20 kilometer per jam, sangat cepat untuk standar waktu itu. Surat kabar bahkan memperingatkan bahwa melaju secepat itu dapat menyebabkan hilangnya pendengaran dan penglihatan.

Direktur B&O Railroad Museum Courtney Wilson mengatakan, "Kereta ini terlihat seperti kereta pos klasik Amerika, tapi dipasang diatas roda yang bisa dijalankan diatas rel kereta."

Sepuluh tahun setelah itu, barulah kereta Amerika mulai terlihat ditarik lokomotif atau mesin uap seperti yang kita lihat di film-film.

Lokomotif nomor 25 adalah salah satu harta yang paling berharga di B&O Railroad Museum. Selama Perang Sipil, kereta itu mengangkut pasukan dan perbekalan pihak Union (pihak utara) dan bahkan membawa Presiden Abraham Lincoln ke pelantikannya.

Pada abad ke-20, lokomotif mulai menjadi "bintang" dalam film. Raintree County dengan Elizabeth Taylor, Wild Wild West dengan Will Smith dan banyak lainnya memicu popularitas mesin uap. Lokomotif bukan sekedar sarana transportasi, tapi juga menjadi karya seni.

Pada 1930-an, mesin itu berubah model dan mulai menyerupai pesawat ruang angkasa. Pada tahun 1947 muncul mesin uap terbesar dan paling kuat yang pernah ada di dunia. Lokomotif uap itu bisa dengan mudah menarik seratus gerbong yang penuh dengan batu bara. Meskipun terlihat perkasa, waktu itu akhir era dari mesin uap sudah terlihat.

"Jersey Central Lines nomor 1000 mungkin salah satu lokomotif paling penting di dunia karena itu yang pertama muncul. Dan kotak kecil yang memiliki mesin diesel di dalamnya itu pada akhirnya akan mematikan eksistensi raksasa uap tadi," tambah Wilson.

Pada tahun 1950-an, perjalanan udara dan jaringan jalan raya berkembang pesat, membuat perjalanan kereta menjadi kurang penting. Saat ini, kereta cepat hanya ada di Pantai Timur AS.

Kereta semakin tidak populer dari tahun ke tahun, sebagian karena penerbangan lebih mudah, dan sering kali lebih murah dan cepat. Tapi masih ada harapan untuk masa depan kereta di AS. Pendiri SpaceX, Elon Musk berencana untuk membangun Hyperloop, sistem kereta berkecepatan tinggi yang akan melaju dengan kecepatan hingga 1.200 kilometer per jam. [as]

XS
SM
MD
LG