Tautan-tautan Akses

#143Day: Fred Rogers dan Hari Berbuat Baik di Pennsylvania


Gubernur Pennsylvania Tom Wolf tahun lalu menyatakan hari ke-143 pada tahun itu sebagai hari untuk berbuat baik (foto: dok).
Gubernur Pennsylvania Tom Wolf tahun lalu menyatakan hari ke-143 pada tahun itu sebagai hari untuk berbuat baik (foto: dok).

Fred McFeely Rogers, lebih dikenal sebagai Mr. Rogers, adalah pencipta dan pengasuh acara televisi bagi anak-anak yang sangat popular pada tahun 1968-2001, Mister Rogers’ Neighborhood. Kalau masih hidup, tentu ia akan senang karena negara bagian Pennsylvania untuk kedua kali mengadakan #143 Day, di mana warga diingatkan untuk mengisi hari itu dengan berbuat lebih baik dan berterima kasih kepada tetangga.

Tahun ini, #143 Day atau hari ke-143 adalah Jumat lalu, dan mulai hari itu, pejabat-pejabat di Pennsylvania mengajak masyarakat berbuat lebih baik. Mereka sendiri memusatkan rasa syukur dan terima kasih tahun ini kepada petugas tanggap darurat dan pekerja di garis depan dalam penanggulangan pandemi virus corona.

Prakarsa itu dimulai ketika Gubernur Pennsylvania Tom Wolf tahun lalu menyatakan hari ke-143 pada tahun itu sebagai hari untuk berbuat baik guna menghormati pencetus dan promotor kebaikan di negara bagian itu, Fred Rogers. Rogers, yang sangat disayangi di negara bagian itu, mengisi sebagian besar hidupnya di dan sekitar Pittsburgh.

Angka 143 bermakna khusus bagi Rogers karena mencerminkan jumlah huruf dalam masing-masing kata dalam kalimat kegemarannya, "I love you” atau “Aku mencintaimu." Satu untuk ‘I’, empat untuk ‘Love’, dan tiga untuk ‘You’.

Fred McFeely Rogers, lebih dikenal sebagai Mr. Rogers (foto: dok).
Fred McFeely Rogers, lebih dikenal sebagai Mr. Rogers (foto: dok).

Tahun ini, negara bagian itu meluncurkan laman yang meminta warga berbagi informasi mengenai perbuatan baik yang telah dilakukan, mulai dari membeli makanan untuk tetangga sampai menulis surat terima kasih kepada tukang pos - di bawah tagar # 143DayInPA. PA adalah singkatan negara bagian Pennsylvania.

"Kebaikan harus selalu dilakukan, tetapi ini menjadi pendorong untuk melakukannya dan berbagi informasinya," ujar Gisele Fetterman, istri wakil gubernur Pennsylvania, John Fetterman.

Gisele adalah pendiri Free Store 15104, yang menyediakan makanan, pakaian, dan kebutuhan pokok lain secara gratis untuk komunitas di Braddock, kota kecil penghasil baja di dekat Pittsburgh. Karena toko itu tutup semasa pandemi, ia membantu menggalang lebih dari 20.000 dolar berupa kartu belanja pasar swalayan bagi orang-orang yang membutuhkan.

"Istri saya setiap hari melakukan kebaikan sesuai misi 143," ujar John Fetterman, mantan walikota Braddock.

Pasangan yang dibesarkan dengan menyimak acara televisi tersebut mengaku terinspirasi oleh Mister Rogers’ Neighborhood dan pelajaran tentang cinta, murah hati dan kebaikan untuk anak-anak dan orang dewasa, yang disampaikannya.

Rogers mendapat hadiah Emmy Lifetime Achievement Award untuk acara televisi yang dipandunya. Ketika menerima hadiah itu pada tahun 1997, ia mengatakan, “Saya ingin Anda bersama saya, selama 10 detik, mengingat orang-orang yang berjasa menjadikan Anda seperti sekarang.”

Kalau kita membuka laman 143 Day, klik tombol “show some love,” maka ada saran berbagi kebaikan. Misalnya, merekomendasi film yang bagus untuk ditonton kepada teman; berbagi pujian atas pencapaian baru-baru ini; atau memasak untuk orang terkasih.

Pittsburgh University mengisi hari itu dengan mengenang Fred Rogers, menyoroti perbuatan baik dalam masyarakat setempat.

"Ada tiga cara menuju sukses," kata universitas itu dalam cuitan. Pertama, bersikap baik. Kedua, berbuat baik. Ketiga, bersikap baik."[ka/ii]

XS
SM
MD
LG