Tautan-tautan Akses

Pedemo Pro-Palestina Blokir Akses Jalan ke Bandara di New York dan Los Angeles


Demonstran pro-Palestina menghalangi lalu lintas di jalan raya menuju Bandara John F. Kennedy, New York, Rabu, 27 Desember 2023. (Foto: Stephanie Keith/Reuters)
Demonstran pro-Palestina menghalangi lalu lintas di jalan raya menuju Bandara John F. Kennedy, New York, Rabu, 27 Desember 2023. (Foto: Stephanie Keith/Reuters)

Sekelompok demonstran pro-Palestina, Rabu (27/12), sempat memblokir jalan-jalan masuk ke bandara New York dan Los Angeles hingga memaksa sejumlah orang berjalan kaki melalui jalan-jalan yang macet agar tidak ketinggalan pesawat mereka.

Saat maskapai-maskapai penerbangan Amerika Serikat (AS) menghadapi kesibukan perjalanan liburan di akhir tahun, demonstrasi mengganggu lalu lintas jalan di pinggir Bandara Internasional John F. Kennedy di New York dan Bandara Internasional Los Angeles.

Di New York, para aktivis bergandengan tangan dan membentangkan spanduk yang menuntut diakhirinya perang Israel-Hamas, dan perluasan hak-hak warga Palestina. Demonstrasi ini membuat lalu lintas di jalan tol menuju bandara terhenti selama sekitar 20 menit.

Video-video di media sosial menunjukkan para penumpang, yang sebagian membawa koper, terpaksa meninggalkan kendaraan mereka dan melangkahi pembatas median jalan raya. Seorang perempuan terdengar mengatakan dengan bahasa kasar bahwa ia “Menyesalkan apa yang terjadi di sana (Gaza.red)”, tetapi ia harus berangkat kerja.

Juru bicara Otoritas Pelabuhan New York dan New Jersey mengatakan 26 orang ditangkap di jalan raya itu. Badan itu juga mengirim dua bus sebagai “tumpangan bagi warga yang ingin mencapai bandara dengan aman.”

Demonstran blokir jalan ke Bandara Los Angeles

Dalam waktu yang hampir sama dengan demonstrasi di New York itu, kelompok demonstran pro-Palestina lainnya juga memblokir jalan raya utama menuju Bandara Los Angeles. Mereka menyeret tempat sampah, skuter listrik, penanda lalu lintas dan puing-puing ke tengah jalan raya. Kelompok itu melarikan diri ketika polisi tiba.

Demo pro-Palestina di pusat perbelanjaan Beverly Center di Los Angeles, menjelang Natal, 23 Desember 2023. (Foto: David Swanson/AFP)
Demo pro-Palestina di pusat perbelanjaan Beverly Center di Los Angeles, menjelang Natal, 23 Desember 2023. (Foto: David Swanson/AFP)

Departemen Kepolisian Los Angeles mengatakan lalu lintas di sekitar bandara masih terdampak sekitar dua jam setelah demonstrasi yang dinyatakan sebagai tindakan melanggar hukum itu. Belum diketahui berapa jumlah demonstran yang ditangkap.

Namun diperkirakan 215.000 penumpang dan 87.000 kendaraan melewati jalan menuju Bandara Los Angeles pada Rabu (27/12) ini.

Demo Pro-Palestina meluas di AS

Sejak perang Israel-Hamas meletus pada 7 Oktober lalu, hampir setiap hari terjadi demonstrasi di kota-kota di AS.

Di New York, kelompok-kelompok demonstran meningkatkan aksi mereka seiring meluasnya serangan Israel ke Gaza dan bertambahnya korban jiwa. Mereka mengganggu beberapa acara paling terkenal di New York, antara lain Parade Hari Thanksgiving Macy’s dan upacara penyalaan pohon tahunan di Rockefeller Center.

Wali Kota New York Eric Adams, dalam konferensi pers, Selasa (26/12), mengkritik taktik para demonstran dan mengatakan mungkin polisi perlu meningkatkan tanggapan mereka.

“Saya tidak percaya bahwa sekelompok orang dapat mengambil-alih jalan raya dan berdemonstrasi. Saya tidak yakin sekelompok orang dapat mengambil-alih jembatan. Saya tidak percaya sekelompok orang dapat melakukan apa saja yang mereka inginkan di kota ini," ujar Adams. [em/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG