Tautan-tautan Akses

Departemen Pertahanan AS: Kapal Induk Kedua AS Kini Berada di Timur Tengah


Kapal induk USS Abraham Lincoln milik Angkatan Laut AS terlihat berada di pelabuhan angkatan laut di San Diego, California, pada 18 Mei 2023. (Foto: Reuters/Mike Blake)
Kapal induk USS Abraham Lincoln milik Angkatan Laut AS terlihat berada di pelabuhan angkatan laut di San Diego, California, pada 18 Mei 2023. (Foto: Reuters/Mike Blake)

Departemen Pertahanan AS, pada Kamis (22/8), mengukuhkan bahwa kapal induk kedua AS kini berada di Timur Tengah.

“Komando Sentral AS mengumumkan bahwa USS Abraham Lincoln, yang diperlengkapi dengan pesawat F-35c, memasuki area tanggung jawab Komando Sentral,” kata Wakil Juru Bicara Departemen Pertahanan Sabrina Singh.

Ia menambahkan bahwa pergerakan kapal induk USS Abraham Lincoln ke area tanggung jawab Komando Sentral itu diperintahkan oleh Menteri Pertahanan Lloyd Austin awal bulan ini, sebagai bagian dari penyesuaian luas postur militer AS di kawasan, yang dirancang untuk meningkatkan perlindungan pasukan AS.

Selain itu, lanjut Singh, pengerahan kapal itu dimaksudkan untuk “meningkatkan dukungan bagi pertahanan Israel dan untuk memastikan AS siap menanggapi berbagai kemungkinan.”

Karena Iran mengancam akan membalas Israel atas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran, militer AS meminta kelompok penyerang dari kapal induk USS Abraham Lincoln agar berlayar lebih cepat lagi ke daerah tersebut.

AS juga telah memerintahkan kapal selam berpeluru kendali USS Georgia untuk bergerak ke Timur Tengah, sementara kelompok penyerang dari kapal induk USS Theodore Roosevelt berada di Teluk Oman.

Jet-jet tempur F-22 tambahan telah diterbangkan ke kawasan itu dan USS Wasp, kapal serang amfibi besar yang membawa jet-jet tempur F-35, kini berada di Laut Tengah. [uh/ka]

Forum

XS
SM
MD
LG