Tautan-tautan Akses

Menkeu AS Janet Yellen Dijadwalkan Bertemu Perdana Menteri Ukraina


Menteri Keuangan AS Janet Yellen berbicara kepada Dewan Atlantik di Washington, pada 13 April 2022. (Foto: AP/Jacquelyn Martin)
Menteri Keuangan AS Janet Yellen berbicara kepada Dewan Atlantik di Washington, pada 13 April 2022. (Foto: AP/Jacquelyn Martin)

Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen berencana menggelar pertemuan dengan Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal dalam pertemuan besar yang melibatkan para pemimpin ekonomi dunia di Washington pada minggu ini.

Di saat bersamaan, Yellen tampaknya akan menghindari kontak dengan delegasi Rusia yang juga dijadwalkan hadir secara virtual di beberapa bagian dari acara tersebut.

Invasi Rusia terhadap Ukraina dan bagaimana kekuatan-kekuatan dunia harus mengelola dampak dari perang tersebut terhadap sektor ekonomi, termasuk di dalamnya soal kerawanan pangan, akan menjadi topik utama dalam pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia itu.

Pada Selasa (19/4), Yellen akan mengadakan rapat dengan sejumlah menteri keuangan, bank pembangunan internasional dan institusi-instusi lainnya untuk membahas bagaimana mereka akan mengggunakan modal yang tersedia untuk menanggapi isu kerawanan pangan.

Terdapat beberapa sesi yang dijadwalkan akan dihadiri oleh Yellen, termasuk acara pembukaan yang juga akan dihadiri oleh menteri keuangan Ukraina. Namun, Yellen tidak akan turut serta dalam sejumlah pertemuan dengan negara-negara anggota G-20 jika Rusia hadir dalam pertemuan tersebut.

Peternak AS Terdampak Perang Rusia-Ukraina
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:53 0:00

Presiden Joe Biden sebelumnya telah mengatakan bahwa Rusia harus dikeluarkan dari keanggotaannya di G-20.

Pertemuan yang akan berlangsung hingga Jumat (22/4) itu terdiri dari pertemuan yang digelar secara virtual dan tatap muka. [jm/ps/rs]

XS
SM
MD
LG