Tautan-tautan Akses

Diplomasi Fesyen Ibu Negara AS


Jill Biden melambai setelah suaminya, Joe, dilantik sebagai presiden AS ke-46 di Capitol AS di Washington, 20 Januari 2021. (Foto: Reuters)
Jill Biden melambai setelah suaminya, Joe, dilantik sebagai presiden AS ke-46 di Capitol AS di Washington, 20 Januari 2021. (Foto: Reuters)

Ibu negara tidak diangkat, tapi begitu suami mereka menjadi presiden, mereka diharapkan untuk mewakili bangsa AS dan selalu terlihat anggun. Meskipun mereka tidak punya kewenangan politik, VOA melaporkan bahwa beberapa ibu negara modern telah memanfaatkan 'diplomasi fesyen' untuk menyampaikan sikap.

Beberapa jam setelah menjadi Ibu Negara Jill Biden mengenakan gaun dan mantel dengan sulaman bunga resmi dari masing-masing negara bagian.

"Bunga resmi negara bagian Delaware disulam paling dekat jantung, di sepanjang pinggiran gaun, jadi dia menyampaikan sikap lewat fesyen. Saya pikir, dia berusaha menyampaikan sikap tentang persatuan, yang juga merupakan tema suaminya sebagai presiden -- mempersatukan bangsa," kata Profesor Sejarah Universitas Ohio Katherine Jellison.

"Apa yang dikenakan ibu negara sangat penting. Apakah itu adil atau tidak, itu soal lain, tapi itu jelas-jelas merupakan diplomasi fesyen," tambah pakar sejarah kepresidenan Kate Andersen Brower.

Penulis buku mengenai ibu negara ini mengatakan isteri presiden diharapkan mengenakan busana buatan Amerika. Dia juga berpengaruh dalam menentukan karir desainer.

Michelle Obama dengan mantan presiden AS Barack Obama dalam acara pelantikan presiden Joe Biden.
Michelle Obama dengan mantan presiden AS Barack Obama dalam acara pelantikan presiden Joe Biden.

Itu yang terjadi dengan Michelle Obama pada inagurasi.

"Dia mengenakan gaun putih buatan Jason Wu, nama yang jarang didengar orang, dan Obama sukses mendorong karirnya," kata Brower.

Ibu negara ditekan untuk selalu terlihat anggun, tapi membumi. Mereka diharapkan mengenakan busana dengan harga yang terjangkau oleh para perempuan Amerika.

"Ketika Melania Trump menjadi Ibu Negara, dia mengenakan jaket Dolce and Gabbana seharga $51.000, angka yang bagi banyak orang sama dengan upah tahunan mereka. Hal itu dianggap sebagai sesuatu yang kurang peka," kata Brower.

Obama kerap mengenakan karya desainer ternama, tapi dia juga dikenal pandai memadukan busana yang terjangkau dalam penampilannya.

"Michelle Obama memadukan busana mahal dan murah, dia mengenakan cardigan dari J. Crew dengan rok Carolina Herrera. Ibu Negara punya kelebihan, yaitu bisa memberi sorotan kepada perancang. Tapi ada kekurangannya juga, mereka tidak bisa mengenakan busana yang tidak terjangkau bagi banyak orang," ujar Brower.

Brower mengharapkan ibu negara yang baru, Jill Biden, mengenakan busana yang mudah diakses dan dijangkau bagi banyak orang, apalagi di tengah pandemi. [ew]

XS
SM
MD
LG