Tautan-tautan Akses

Ditabrak Paus, Kapal Nelayan Terbalik di Lepas Pantai New Hampshire


Perahu-perahu berlabuh di Pelabuhan Rye, New Hampshire, 23 Juni 2020. Seekor paus membalikkan perahu nelayan di dekat Taman Negara Bagian Odiorne Point di Rye pada 23 Juli 2024, melemparkan dua orang ke laut. (Foto: Charles Krupa/AP Photp)
Perahu-perahu berlabuh di Pelabuhan Rye, New Hampshire, 23 Juni 2020. Seekor paus membalikkan perahu nelayan di dekat Taman Negara Bagian Odiorne Point di Rye pada 23 Juli 2024, melemparkan dua orang ke laut. (Foto: Charles Krupa/AP Photp)

Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS) melaporkan dua orang nelayan selamat setelah seekor paus menabrak dan membalikkan kapal mereka di lepas pantai New Hampshire.

Insiden tersebut tejadi di dekat Taman Negara Bagian Odiorne Point di Rye. Kedua pria yang terlempar ke laut tersebut mengatakan, mereka telah melihat paus tersebut sebelumnya dan berusaha menjaga jarak.

“Dia menyelam, menghilang selama beberapa menit, dan hal berikutnya yang kami tahu, dia tiba-tiba muncul begitu saja di atas kami,” kata nelayan Ryland Kenney kepada WMUR-TV.

Penjaga Pantai mengunggah pernyataan ke platform media sosial X bahwa mereka telah menerima panggilan darurat mayday yang menyatakan bahwa kapal konsol tengah sepanjang 7 meter telah terbalik karena dihantam paus.

“Penumpangnya terlempar saat kapal tersebut terbalik,” tulis Penjaga Pantai, menambahkan bahwa siaran informasi kelautan yang mendesak telah dikeluarkan, dan Stasiun Penjaga Pantai Pelabuhan Portsmouth disiagakan.

“Seorang 'Samaria yang baik hati' menyelamatkan kedua orang tersebut dari air. Tidak ada korban luka yang dilaporkan,” tulis Penjaga Pantai.

Penyelamatnya adalah dua pemuda yang bersaudara.

“Saya melihatnya muncul, dan saya berpikir, 'Oh, (paus) itu akan menabrak kapal,'” kata Wyatt Yager kepada stasiun tersebut. “(Kapal) Ini mulai terbalik.” Saudaranya, Colin Yager, mengetahui apa yang terjadi melalui teleponnya.

Awak kapal dari Station Portsmouth melaporkan bahwa paus tersebut tampaknya tidak terluka. Insiden tersebut dilaporkan ke Saluran Siaga Hewan Laut Pusat Studi Pesisir dan Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional.

Kapal itu juga berhasil diselamatkan.

Paus itu mungkin tidak mengetahui bahwa perahu itu ada di sana, kata Sara Morris dari Laboratorium Kelautan Universitas New Hampshire Shoals.

“Jika Anda melihat videonya dengan cermat, Anda dapat melihat bahwa mulut paus itu terbuka,” katanya kepada stasiun televisi tersebut. “Sepertinya ia sedang mencari makan dan benar-benar mencoba menangkap ikan.” [es/ft]

XS
SM
MD
LG