Tautan-tautan Akses

Ditolak Ketiga Kalinya, Permintaan Trump untuk Ganti Hakim Kasus Uang Tutup Mulut


FILE - Mantan Presiden Donald Trump menunggu dimulainya persidangan pada hari kedua pemilihan juri di pengadilan pidana Manhattan, 16 April 2024, di New York. (Justin Lane/Pool Photo via AP)
FILE - Mantan Presiden Donald Trump menunggu dimulainya persidangan pada hari kedua pemilihan juri di pengadilan pidana Manhattan, 16 April 2024, di New York. (Justin Lane/Pool Photo via AP)

Donald Trump kehilangan upaya terakhirnya untuk mendapat hakim baru dalam kasus kriminal uang tutup mulut di New York, sementara putusan penting dan kemungkinan penjatuhan hukuman akan diambil pada bulan depan.

Dalam sebuah keputusan yang diumumkan pada hari Rabu (14/8), Hakim Juan M. Merchan menolak untuk mengundurkan diri dan mengatakan bahwa permintaan Trump merupakan pengulangan yang “penuh dengan ketidakakuratan dan klaim yang tidak berdasar” mengenai hubungan politik putri Merchan dan kemampuannya untuk menghakimi kasus bersejarah ini secara adil dan tidak memihak.

Ini adalah ketiga kalinya hakim menolak permintaan semacam itu dari pengacara mantan presiden yang sekarang menjadi calon presiden dari Partai Republik.

Ketiga kalinya, mereka berargumen bahwa Merchan, seorang hakim pengadilan negara bagian di Manhattan, memiliki konflik kepentingan karena pekerjaan putrinya sebagai konsultan politik untuk para tokoh dan tim kampanye Partai Demokrat. Di antara mereka adalah Wakil Presiden Kamala Harris ketika ia mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2020. Harris kini menjadi calon presiden 2024 dari Partai Demokrat.

Panel etika pengadilan negara bagian mengatakan tahun lalu bahwa Merchan dapat melanjutkan kasus ini, dengan menulis bahwa kegiatan politik independen seorang kerabat bukanlah “dasar yang masuk akal untuk mempertanyakan ketidakberpihakan hakim.”

Pengacara Todd Blanche mendengarkan kliennya, mantan Presiden Donald Trump, berbicara saat sidang di pengadilan pidana Manhattan selama musyawarah juri dalam persidangan kasus uang tutup mulut di New York, Kamis, 30 Mei 2024. (Michael M. Santiago/Pool Photo via AP)
Pengacara Todd Blanche mendengarkan kliennya, mantan Presiden Donald Trump, berbicara saat sidang di pengadilan pidana Manhattan selama musyawarah juri dalam persidangan kasus uang tutup mulut di New York, Kamis, 30 Mei 2024. (Michael M. Santiago/Pool Photo via AP)

Merchan telah berulang kali mengatakan bahwa ia yakin akan terus mendasarkan putusannya “pada bukti dan hukum, tanpa rasa takut atau bantuan, mengesampingkan pengaruh yang tidak semestinya.”

“Dengan mengingat prinsip-prinsip dasar ini, Pengadilan ini sekarang menegaskan kembali untuk ketiga kalinya, apa yang seharusnya sudah jelas - sindiran dan kesalahan karakterisasi tidak menimbulkan konflik,” tulis Merchan dalam putusannya yang terdiri dari tiga halaman. “Oleh karena itu, penolakan tidak diperlukan, apalagi diminta.”

Namun, dengan Harris yang kini menjadi lawan Trump dari Partai Demokrat dalam pemilihan Gedung Putih tahun ini, pengacara Trump, Todd Blanche, menulis dalam sebuah surat kepada hakim bulan lalu bahwa kekhawatiran pihak pembela menjadi “semakin konkret.”

Jaksa penuntut menyebut klaim tersebut sebagai “upaya yang menjengkelkan dan sembarangan untuk meredakan” kasus ini.

Sejumlah permintaan komentar atas keputusan tersebut tidak dijawab oleh Blanche. Kantor kejaksaan distrik Manhattan, yang menuntut kasus ini, pun menolak berkomentar.

Trump dinyatakan bersalah pada bulan Mei karena memalsukan catatan bisnisnya guna menyembunyikan kesepakatan tahun 2016 untuk membayar aktris film porno Stormy Daniels agar tetap diam tentang dugaan hubungan seksualnya dengan Trump pada tahun 2006. Jaksa penuntut menyebut pembayaran itu sebagai bagian dari upaya yang didorong oleh Trump untuk mencegah para pemilih mendengar cerita-cerita cabul tentang dirinya selama kampanye pertamanya.

Trump mengatakan bahwa semua cerita itu palsu, catatan bisnis itu tidak benar, dan kasus ini merupakan manuver politik yang dimaksudkan untuk merusak kampanyenya saat ini. Jaksa yang mengajukan tuntutan, Jaksa Wilayah Manhattan Alvin Bragg, adalah seorang anggota Partai Demokrat.

Trump telah berjanji untuk mengajukan banding. Secara hukum, hal itu tidak dapat dilakukan sebelum terdakwa dijatuhi hukuman.

Sementara itu, para pengacaranya mengambil langkah lain untuk mencoba menggagalkan kasus ini. Selain permintaan penolakan, mereka telah meminta Merchan untuk membatalkan putusan dan menutup kasus ini karena keputusan Mahkamah Agung AS pada bulan Juli tentang kekebalan presiden.

Keputusan tersebut berisikan pembatasan penuntutan terhadap mantan presiden atas tindakan resmi, serta membatasi jaksa penuntut untuk menggunakan tindakan resmi sebagai bukti bahwa tindakan tidak resmi presiden adalah ilegal.

Pengacara Trump berpendapat bahwa dengan adanya keputusan tersebut, para juri dalam kasus uang tutup mulut seharusnya tidak mendengar bukti seperti mantan staf Gedung Putih yang menggambarkan bagaimana presiden saat itu bereaksi terhadap liputan berita tentang kesepakatan Daniels.

Awal bulan ini, Merchan menetapkan tanggal 16 September untuk memutuskan klaim kekebalan hukum, dan 18 September untuk “penjatuhan hukuman atau proses lain yang sesuai.”

Kasus uang tutup mulut ini merupakan satu dari empat tuntutan pidana yang diajukan terhadap Trump tahun lalu.

Satu kasus federal, yang menuduh Trump menimbun dokumen rahasia secara ilegal di Mar-a-Lago di Florida, dibatalkan bulan lalu. Departemen Kehakiman mengajukan banding.

Kasus-kasus lainnya, seperti sejumlah kasus federal dan negara bagian Georgia terkait upaya Trump untuk membatalkan kekalahannya dalam pemilu 2020, tidak akan disidangkan sebelum pemilu November mendatang. [th/uh]

Forum

XS
SM
MD
LG