Tautan-tautan Akses

Dokumenter Baru “The Janes” Ungkap Gerakan Bawah Tanah Upaya Aborsi Sebelum Roe Versus Wade


Foto-foto dari film dokumenter "The Janes" (dari kiri): Sheila Smith, Martha Scott dan Diane Stevens. (Foto: HBO / AFP)
Foto-foto dari film dokumenter "The Janes" (dari kiri): Sheila Smith, Martha Scott dan Diane Stevens. (Foto: HBO / AFP)

Film dokumenter HBO terbaru, “The Janes” mengungkapkan secara detail upaya aborsi yang dilakukan secara diam-diam di Chicago sebelum ditetapkannya keputusan Roe v. Wade. Ini adalah putusan Mahkamah Agung AS tahun 1973 yang menyatakan konstitusi melindungi kebebasan perempuan hamil untuk memilih melakukan aborsi tanpa pembatasan berlebihan dari pemerintah.

Dalam film dokumenter “The Janes” yang disutradarai oleh Tia Lessin dan Emma Pildes ini, penonton akan dapat melihat para perempuan, yang 50 tahun lalu membuat jaringan rahasia di kalangan mereka yang ingin membantu perempuan lain melakukan aborsi secara aman. Lima tahun berikutnya, mereka tertangkap basah dan beberapa orang di antaranya menghadapi hukuman penjara. Namun keputusan Roe v. Wade pada tahun 1973 menyelamatkan mereka dari hukuman.

Dokumenter Baru “The Janes” Ungkap Gerakan Bawah Tanah Upaya Aborsi Sebelum Keputusan Roe Versus Wade Tahun 1973
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:50 0:00

Tia Lessin, sutradara film tersebut, mengatakan, "Mereka benar-benar banyak akal. Mereka adalah orang-orang yang muncul dari gerakan hak-hak sipil, gerakan antiperang, gerakan mahasiswa dan gerakan pembebasan perempuan. Jadi mereka memiliki keahlian berorganisasi. Kebanyakan dari mereka adalah ibu rumah tangga. Mereka tahu bagaimana cara menyelesaikan segala sesuatu, merencanakan dan mengorganisir."

Pada masa itu, mengiklankan layanan aborsi, atau mengantar seseorang untuk melakukan aborsi dianggap perbuatan illegal. Para perempuan yang tergabung dalam jaringan tersebut terlibat konspirasi untuk melakukan atau memberi layanan aborsi. Jadi walaupun berisiko besar namun mereka tetap melakukannya, demikian ditambahkan Lessin.

Poster FIlm dokumenter "The Janes" yang tayang di HBO Max, 8 JUni 2022. (HBO Max via AP)
Poster FIlm dokumenter "The Janes" yang tayang di HBO Max, 8 JUni 2022. (HBO Max via AP)

Sebuah draf opini Mahkamah Agung AS yang bocor beberapa waktu lalu memperlihatkan mayoritas Hakim Agung yang konservatif telah siap untuk mendukung pembatalan keputusan bersejarah Roe v. Wade yang memberikan hak aborsi di seluruh Amerika pada tahun 1973.

Dokumen tersebut yang diberi judul “Draf Pertama” dari “Opini Pengadilan” berisi kasus yang menentang larangan aborsi setelah masa kehamilan memasuki 15 minggu. Ini dikenal sebagai kasus Dobbs v. Jackson Women’s Health Organization yang diterapkan negara bagian Missisippi.

Pengadilan tersebut diperkirakan akan mengeluarkan putusan atas kasus itu pada akhir bulan Juni atau awal bulan Juli mendatang.

Opini pengadilan tersebut menyatakan bahwa layanan aborsi bukanlah hak konstitusional dan akan memperbolehkan masing-masing negara bagian untuk mengatur lebih ketat atau melarang prosedur aborsi sama sekali.

Film dokumenter “The Janes” sudah ditayangkan di layanan streaming HBO dan HBO Max sejak tanggal 8 Juni lalu. [lj/uh]

XS
SM
MD
LG