Tautan-tautan Akses

FBI Identifikasi Tersangka dalam Upaya Pembunuhan Trump


Mantan Presiden AS Donald Trump memberi isyarat dengan wajah berlumuran darah saat ia dibantu oleh personel Dinas Rahasia AS setelah ia ditembak di telinga kanannya saat kampanye di Butler Farm Show di Butler, Pennsylvania, AS, 13 Juli 2024. (Foto : REUTERS/Brendan McDermid)
Mantan Presiden AS Donald Trump memberi isyarat dengan wajah berlumuran darah saat ia dibantu oleh personel Dinas Rahasia AS setelah ia ditembak di telinga kanannya saat kampanye di Butler Farm Show di Butler, Pennsylvania, AS, 13 Juli 2024. (Foto : REUTERS/Brendan McDermid)

FBI pada Minggu (14/7) mengatakan bahwa mereka berhasil mengidentifikasi seorang tersangka, tetapi belum menentukan motif dari upaya pembunuhan terhadap mantan Presiden AS Donald Trump pada Sabtu (13/7). Insiden tersebut merupakan salah satu aksi kekerasan politik AS yang paling menonjol dalam beberapa dekade terakhir.

Badan penegak hukum tersebut mengatakan bahwa Thomas Matthew Crooks, 20 tahun, warga Bethel Park, Pennsylvania, adalah " pelaku yang terlibat" dalam penembakan tersebut, yang terjadi saat rapat umum politik di pinggiran kota Pittsburgh.

Crooks terdaftar sebagai anggota Partai Republik, tetapi juga pernah memberikan sumbangan politik sebesar $15 kepada sebuah kelompok liberal, demikian menurut catatan pemilih publik yang dikutip oleh beberapa media.

Setidaknya seorang penonton tewas dan dua lainnya terluka parah dalam penembakan tersebut, yang terjadi di sebuah ruang terbuka yang luas dan tidak tertutup di daerah pedesaan.

Sekitar enam menit setelah Trump naik ke atas panggung, beberapa tembakan terdengar - membuat mantan presiden tersebut menyentuh telinga kanannya dan kemudian jatuh ke tanah sebelum dikelilingi oleh agen-agen Secret Service.

Secret Service mengelilingi panggung saat agen lainnya melindungi calon presiden dari Partai Republik, mantan Presiden Donald Trump, pada rapat umum kampanye, Sabtu, 13 Juli 2024, di Butler. (Foto: AP)
Secret Service mengelilingi panggung saat agen lainnya melindungi calon presiden dari Partai Republik, mantan Presiden Donald Trump, pada rapat umum kampanye, Sabtu, 13 Juli 2024, di Butler. (Foto: AP)

Dalam sebuah unggahan di media sosial, Trump mengatakan bahwa ia "baik-baik saja" setelah ditembak dengan peluru yang menembus bagian atas telinga kanannya. Ia keluar dari rumah sakit pada Sabtu malam.

Pada Minggu pagi, dalam unggahan lainnya, Trump mengatakan, "Terima kasih kepada semua orang atas perhatian dan doa kalian kemarin, karena hanya Tuhan saja yang mencegah hal yang tidak terpikirkan terjadi. Kami tidak akan TAKUT, sebaliknya tetap tabah dalam Iman kami dan Menentang Kejahatan."

Trump mengatakan ia menantikan kesempatan untuk berbicara kepada negara pada hari Kamis (18/7) di Konvensi Nasional Partai Republik dari kota Milwaukee, negara bagian Wisconsin, di mana ia secara resmi dicalonkan sebagai presiden untuk siklus pemilihan ketiga kalinya.

Menurut laporan saksi dan video yang diposting online, penembak terlihat memegang senapan dan merangkak ke atas atap sebuah gedung di dekat lokasi kampanye beberapa saat sebelum penembakan dimulai.

Beberapa saksi mata terdengar berteriak untuk menarik perhatian polisi, yang kemudian menembak dan membunuh tersangka.

Insiden ini menimbulkan pertanyaan tentang tingkat perlindungan Secret Service yang diberikan kepada Trump.

Para pemimpin Partai Republik di Dewan Perwakilan Rakyat mengatakan bahwa mereka akan melancarkan "penyelidikan penuh" atas insiden tersebut dan meminta direktur Secret Service Kimberly Cheatle untuk menghadiri rapat dengar pendapat tentang masalah ini.

Dalam sebuah surat yang diposting pada Sabtu malam di situs media sosial X, Komite DPR yang dipimpin oleh Partai Republik mengatakan "rakyat Amerika menuntut jawaban tentang upaya pembunuhan Presiden Trump."

Alex Gray, mantan pejabat di Dewan Keamanan Nasional Trump, mengatakan bahwa penembakan itu menunjukkan bahwa perlindungan Paspampres Trump "tidak seberapa dibandingkan dengan ancaman yang dihadapinya."

"Mereka harus segera meningkatkan pengamanannya hingga ke tingkat semaksimal mungkin yang layak bagi seorang presiden - dan bukan mantan presiden, tapi presiden saat ini," kata Gray.

Kendaraan yang membawa calon presiden dari Partai Republik mantan Presiden Donald Trump dikepung oleh Secret Service saat kampanye, Sabtu, 13 Juli 2024 (Foto: AP)
Kendaraan yang membawa calon presiden dari Partai Republik mantan Presiden Donald Trump dikepung oleh Secret Service saat kampanye, Sabtu, 13 Juli 2024 (Foto: AP)

Sebelumnya pada hari Sabtu, Kevin Rojek, agen khusus FBI yang bertanggung jawab atas kantor lapangan Pittsburgh, kepada para wartawan mengatakan bahwa "mengejutkan" bahwa pria bersenjata itu menembak empat atau lima kali sebelum dia ditembak mati.

Trump, yang kemudian melakukan perjalanan kembali ke rumahnya di New Jersey, tidak banyak berkomentar mengenai upaya pembunuhan tersebut, selain bahwa "luar biasa bahwa tindakan seperti itu dapat terjadi di negara kita."

Pada Sabtu malam, Gedung Putih mengatakan bahwa Biden telah berbicara dengan Trump - meskipun tidak segera memberikan rincian dari percakapan tersebut. Pemerintah juga mengatakan bahwa Biden akan kembali ke Gedung Putih pada Minggu dini hari, alih-alih tinggal di rumahnya di Delaware seperti yang direncanakan.

Tak lama setelah kejadian tersebut, Biden berbicara kepada wartawan, menyebut insiden itu "keterlaluan.""Tidak ada tempat di Amerika untuk kekerasan semacam ini," katanya. "Ini keterlaluan. Ini keterlaluan. Ini adalah salah satu alasan mengapa kita harus menyatukan negara ini. Kita tidak bisa membiarkan hal ini terjadi. Kita tidak bisa seperti ini. Kita tidak bisa membiarkan hal ini."

Kubu kampanye Biden dalam sebuah pernyataan, juga mengatakan, bahwa mereka "menghentikan semua komunikasi keluar dan berupaya untuk menurunkan iklan televisi kami secepat mungkin."

Para analis memperingatkan bahwa upaya pembunuhan tersebut dapat mengacaukan kampanye presiden yang telah berlangsung sengit, meningkatkan retorika politik yang memanas, dan semakin memecah belah masyarakat Amerika.

"Ini adalah hari yang sangat kelam di Amerika - hari yang sangat kelam dalam demokrasi kita. Mungkin ini adalah tindakan kekerasan politik paling serius yang pernah kita saksikan setidaknya sejak peristiwa 9/11," ujar Jacob Ware, seorang peneliti di Council on Foreign Relations.

"Kita berbicara tentang ancaman pembunuhan nyata yang serius terhadap mantan pemimpin dunia bebas yang secara aktif berkampanye untuk menjadi presiden... sungguh menakutkan dan menakutkan untuk memikirkan apa langkah selanjutnya dari kisah ini," katanya kepada VOA."Hari ini dunia berubah," kata Profesor George Washington University, Casey Burgat."Percobaan pembunuhan terhadap mantan Presiden Trump tidak hanya akan memiliki konsekuensi yang mendalam pada pemilu ini, tapi juga pada kondisi politik Amerika yang lebih luas.

"Insiden ini akan semakin memperdalam perpecahan partisan sekaligus memicu dialog kritis tentang sifat wacana politik dan kekerasan dalam politik modern Amerika," tambahnya.

"Akan ada pihak-pihak yang menuding tentang bagaimana dan mengapa hal ini terjadi, namun di seluruh spektrum politik, kita akan mendengar penolakan terpadu terhadap semua kekerasan politik. Saya hanya bisa berharap hal yang terakhir ini yang akan menang." [my/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG