Tautan-tautan Akses

Festival Danau Poso, Promosikan 1.450 Objek Megalit Zaman Batu Besar


Pementasan tarian Torompio memeriahkan pembukaan pelaksanaan Festival Danau Poso ke-21 di kota wisata Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, 26 Agustus 2019. (Foto: VOA/Yoanes Litha)
Pementasan tarian Torompio memeriahkan pembukaan pelaksanaan Festival Danau Poso ke-21 di kota wisata Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, 26 Agustus 2019. (Foto: VOA/Yoanes Litha)

Lebih dari 1.450 patung pra-sejarah dari zaman batu besar ikut dipromosikan dalam Festival Danau Poso ke 21 yang berlangsung hingga akhir bulan nanti. Festival ini menjadi sarana memperbaiki citra Poso sebagai daerah yang layak dan aman dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri. 

Selain mempromosikan potensi wisata alam dan seni budaya setempat, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu mengatakan penyelenggaraan festival itu menjadi salah satu indikator penting untuk meyakinkan wisatawan dalam dan luar negeri untuk kembali mengunjungi wilayah itu tanpa rasa khawatir akan kemungkinan terjadinya gangguan keamanan.

Sejarah kekerasan dan aksi terorisme di masa lalu menyebabkan daerah itu harus berjuang keras mengkampanyekan capaian keamanan dan perdamaian di Poso.

“Dalam beberapa tahun belakangan festival ini juga dijadikan salah satu indikator untuk menyakinkan wisatawan baik domestik maupun mancanegara bahwa kami daerah Tana Poso merupakan daerah yang sangat aman dan pantas untuk dikunjungi. Berbeda dengan opini yang selama ini beredar di luar bahwa Tana Poso itu tidak aman,” tegas Darmin (26/8) saat memberikan sambutan dalam kegiatan yang dipusatkan di tepian danau ketiga terluas di Indonesia itu.

Selain potensi wisata alam seperti Danau Poso dan air terjun Saluopa, Darmin mengatakan Poso memiliki 1.450 objek batu besar peninggalan masa prasejarah (megalit) yang berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan diduga berusia jauh lebih tua dari Candi Borobudur maupun Piramida di Mesir.

Patung Pokokea di kecamatan Lore Tengah (Foto courtesy: PPID Kabupaten Poso)
Patung Pokokea di kecamatan Lore Tengah (Foto courtesy: PPID Kabupaten Poso)

“Ada kurang lebih 1.450 patung-patung megalitikum (zaman batu besar) yang ada di dataran tampo (tanah/lembah) Lore. Menurut penelitian Steven Muller dari Swedia, patung-patung ini lebih tua dari candi Borobudur. Candi Borobudur usianya kurang lebih 750 tahun Masehi, juga lebih tua dari Piramida yang ada di Mesir yang diperkirakan 1.500 tahun sebelum masehi dan untuk patung-patung megalit yang ada di dataran tampo Lore diperkirakan usianya diatas 1.500 tahun sebelum masehi,” ungkap Darmin Sigilipu.

Ratna Suranti, Sekretaris Percepatan Pengembangan Wisata Bahari, Kementerian Pariwisata RI mengatakan Festival Danau Poso ke 21 itu adalah salah satu dari 100 events pariwisata unggulan yang dimasukkan dalam Calender of Events Wonderful 2019 oleh Kementerian Pariwisata untuk menyukseskan target capaian 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan 275 juta wisatawan nusantara di tahun 2019. Ia berharap warga masyarakat kabupaten Poso bersama pemerintah setempat terus menjaga kelestarian alam serta seni budaya di daerah itu.

“… Dan terus menjaga berusaha untuk menjaga kelestarian Lore Lindu, kelestarian danau Poso, kelestarian seni budaya yang ada di sini untuk ditampilkan di dalam sebuah festival sehingga Kementerian Pariwisata akan mempromosikan bukan hanya di tingkat nasional tapi juga di tingkat internasional”harap Ratna yang hadir untuk membuka secara resmi pelaksanaan Festival Danau Poso.

Perlu Dicari Strategi Agar Wisatawan Betah di Poso

Debi Toripalu, seorang pemandu wisata asal kota Tentena, kabupaten Poso menilai perlu promosi obyek wisata baru dan memperbanyak atraksi kegiatan seni budaya agar membuat wisatawan tinggal lebih lama. Di kota wisata Tentena misalnya, wisatawan umumnya hanya tinggal selama satu dua hari untuk mengunjungi obyek wisata danau Poso dan air terjun Saluopa, padahal menurutnya mereka dapat tinggal lebih lama lagi.

“Karena kalau disini kan, satu hari mereka (wisatawan) jalan, habis. Mereka aktifitas yang mereka mau bikin apa lagi, mereka tidak tahu, jadi yah kebanyakan yah sudah, lanjut ke Ampana (Kabupaten Tojo Unauna)".

Pementasan tarian Torompio dalam kegiatan pembukaan pelaksanaan Festival Danau Poso ke 21 di kota wisata Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, 26 Agustus 2019. (Foto courtesy: PPID Kab.Poso)
Pementasan tarian Torompio dalam kegiatan pembukaan pelaksanaan Festival Danau Poso ke 21 di kota wisata Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, 26 Agustus 2019. (Foto courtesy: PPID Kab.Poso)

Ditambahkannya, kawasan Situs Megalit di lembah Bada di Kabupaten Poso sangat berpotensi untuk menarik kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri, termasuk turis backpacker. Backpacker adalah istilah umum yang diberikan bagi wisatawan yang bepergian menggunakan tas punggung atau ransel. Backpacker umumnya didominasi oleh kaum muda dengan mobilitas yang tinggi, bepergian dari satu daerah ke daerah lainnya menggunakan bus umum dan lebih memilih menginap di hotel atau penginapan sederhana tanpa menggunakan jasa pemandu wisata.

“Misalnya ke Bada Valley, lembah Bada, cuma apa ya, boleh dibilang promosinya juga masih kurang kemudian untuk ke sana itu, terus terang masih agak mahal, karena kita di sini rata-rata tamunya itu kelasnya backpaker, untuk travel ada tapi tidak terlalu mendominasi, yang mendominasi itu kebanyakan backpaker,”ungkap Debi.

Ia menambahkan umumnya wisatawan yang datang ke Poso berasal dari Eropa. Mereka sebelumnya berwisata ke Tanah Toraja, kemudian ke Poso, lalu melanjutkan perjalanan menuju Kepulauan Togean di Kabupaten Tojo Unauna.

Kegiatan Festival Danau Poso yang digelar bersamaan dengan Festival Budaya Daerah itu juga menampilkan kegiatan perlombaan musik tradisional karambangan, musik bambu, serta pegelaran seni pertunjukan rakyat unggulan. [yl/em]

Recommended

XS
SM
MD
LG