Tautan-tautan Akses

Festival Musik di Spanyol Perkenalkan Tes untuk Memeriksa Keamanan Minuman


Seorang petugas Titik Ungu mengambil sampel dari muniman untuk memeriksa apakah minuman tersebut mengandung obat yang biasa digunakan oleh pelaku kekerasan seksual di Festival Medusa Sunbeach di Valencia, Spanyol, pada 12 Agustus 2024. (Foto: Reuters/Eva Manez)
Seorang petugas Titik Ungu mengambil sampel dari muniman untuk memeriksa apakah minuman tersebut mengandung obat yang biasa digunakan oleh pelaku kekerasan seksual di Festival Medusa Sunbeach di Valencia, Spanyol, pada 12 Agustus 2024. (Foto: Reuters/Eva Manez)

Sebuah festival musik elektronik di sebuah pantai di Spanyol timur telah mendirikan tenda-tenda, di mana para pengunjung dapat melakukan tes pada minuman mereka. Tes tersebut difasilitasi untuk memastikan minuman tersebut tidak mengandung zat-zat psikoaktif yang dimasukkan ke dalam minuman tanpa persetujuan mereka.

Di dalam tenda-tenda yang berada di titik yang disebut dengan "Titik Ungu" di Festival Medusa Sunbeach, para pekerja sosial juga menanggapi kemungkinan munculnya kasus kekerasan berbasis gender atau pelecehan seksual.

Peralatan pengujian tersebut merupakan yang pertama di Spanyol, yang mampu mendeteksi GHB, atau yang dikenal juga sebagai ekstasi cair. GHB merupakan obat pesta yang tidak berwarna dan tidak berbau yang bertindak sebagai depresan bagi sistem saraf pusat. Dalam beberapa tahun terakhir, obat tersebut telah mendapatkan reputasi sebagai obat "pemerkosaan."

Titik Ungu yang didirikan di sejumlah tempat umum seperti pameran dan konser merupakan inisiatif Kementerian Kesetaraan Spanyol. Mereka bekerja sama dengan pemerintah daerah, untuk membantu korban dan saksi dari kasus pelecehan seksual dan kekerasan berbasis gender. Nama “Titik Ungu” sendiri berasal dari warna ungu yang diasosiasikan dengan gerakan feminis.

Rosana Galvez, seorang pekerja sosial untuk jaringan perempuan wilayah Valencia, mengatakan tes tersebut merupakan cara untuk mencegah timbulnya kekerasan seksual.

Sampel diambil dari minuman peserta dengan pipet dan dimasukkan ke dalam tabung reaksi berisi reagen kimia. Jika minuman tersebut mengandung GHB, warnanya akan berubah menjadi merah terang. Protokol tersebut mewajibkan untuk memberi tahu layanan darurat dan penegak hukum setiap kali terjadi reaksi positif.

"Saya pikir keberadaan keberadaan titik ungu menjadi sangat penting. Di sebuah festival, Anda dikelilingi oleh banyak orang dan sangat wajar jika seseorang memasukkan sesuatu ke dalam minuman Anda tanpa ASnda sadari," kata Adriana Barros, yang berusia 18 tahun, kepada Reuters.

Raquel, perempuan berusia 23 tahun yang menolak menyebutkan nama belakangnya, mengatakan sangat menenangkan untuk "memiliki tempat di mana, jika sesuatu terjadi pada Anda, Anda tahu bahwa Anda dapat meminta bantuan atau nasihat."

Medusa, festival musik elektronik terbesar di Spanyol, merayakan hari jadinya yang ke-10 dengan lebih dari 56.000 orang menghadiri pertunjukan pada hari Sabtu, menurut penyelenggara.

Pada tahun 2022, festival tersebut menjadi pembicaraan utama setelah angin kencang menyebabkan runtuhnya sebuah struktur logam, menewaskan seorang pria berusia 22 tahun dan melukai hampir 40 orang. [rz/rs]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG