Tautan-tautan Akses

Filipina Segera Dibuka Kembali Untuk Wisatawan yang Telah Divaksinasi


Penumpang yang mengenakan hazmat berjalan melalui Bandara Internasional Ninoy Aquino di Paranaque, Metro Manila, Filipina. (Foto: Reuters)
Penumpang yang mengenakan hazmat berjalan melalui Bandara Internasional Ninoy Aquino di Paranaque, Metro Manila, Filipina. (Foto: Reuters)

Pemerintah Filipina, Jumat (19/11), mengatakan akan segera menyambut kembali turis asing karena negara tersebut sedang mempersiapkan pembukaan kembali wilayah setelah ditutup selama 20 bulan. Namun kebijakan itu hanya berlaku bagi pelancong yang telah divaksinasi.

Menteri Pariwisata Filipina Berna Puyat mengatakan Gugus Tugas COVID-19 telah "menyetujui prinsip" permintaan Departemen Pariwisata untuk mengizinkan masuknya pelancong yang divaksinasi dari negara-negara dengan tingkat infeksi rendah.

Kantor berita AFP mengutip sebuah pernyataan Departemen Pariwisata Filipina melaporkan perbatasan akan dibuka kembali "segera", tanpa memberikan detil waktu.

"Mengizinkan wisatawan dari negara atau wilayah hijau yang mayoritas penduduknya divaksinasi dan dengan tingkat infeksi rendah, akan sangat membantu upaya pemulihan kami," kata Puyat.

Sektor pariwisata adalah kontributor utama ekonomi negara Filipina dengan menyumbang hampir 13 persen dari produk domestik bruto pada 2019. Pada tahun itu, negara tersebut berhasil menyedot lebih dari delapan juta pengunjung. Namun angka itu merosot menjadi 5,4 persen pada tahun lalu karena anjloknya kedatangan turis sebesar 82 persen menjadi 1,48 juta.

Filipina telah mencatat lebih dari 2,8 juta infeksi COVID-19 sejak awal pandemi, dengan 45.000 kematian. [ah/rs]

Recommended

XS
SM
MD
LG