Tautan-tautan Akses

Finlandia Terinspirasi Buat Slogan ‘Sapu Amerika Hebat Lagi’


Presiden Finlandia Sauli Niinisto di Arkhangelsk, Rusia, 30 Maret 2017. (Foto: dok).
Presiden Finlandia Sauli Niinisto di Arkhangelsk, Rusia, 30 Maret 2017. (Foto: dok).

Warga Finlandia menggunakan media sosial untuk mengolok-olok pernyataan Presiden Amerika Donald Trump bahwa mereka “menghabiskan banyak waktu menyapu” di hutan untuk mencegah kebakaran hutan.

Trump hari Sabtu (17/11) mengatakan ketika mengunjungi wilayah kebakaran paling mematikan dalam sejarah California bahwa Presiden Finlandia Sauli Niinisto mengatakan kepadanya tentang metode itu ketika keduanya bertemu pekan lalu.

Dalam sebuah wawancara yang diterbitkan hari Minggu di surat kabar Ilta-Sanomat, Presiden Niinisto mengatakan dia hanya mengatakan kepada Trump tentang sistem peringatan dini di negara itu dan tidak ingat telah membahas tentang penyapuan hutan itu.

Reaksi dari Finlandia termasuk penggunaan tagar “haravointi” yang diunggah di Twitter dan hashtag "haravointi", bahasa Finlandia untuk penggarukan. Haravointi adalah bahasa Finlandia yang berarti penyapuan atau penggarukan (daun di atas tanah).

Ada banyak tulisan yang mengubah slogan kampanye Trump, yakni “Make America Great Again” menjadi “Rake America Great Again.” [lt]

XS
SM
MD
LG