Tautan-tautan Akses

Florida Bersiap Hadapi Bencana Badai Milton


Seorang pria tampak membeli papan kayu untuk melindungi rumahnya dari terjangan badai Milton di Orlando, Florida, pada 8 Oktober 2024. (Foto: Reuters/Jose Luis Gonzalez)
Seorang pria tampak membeli papan kayu untuk melindungi rumahnya dari terjangan badai Milton di Orlando, Florida, pada 8 Oktober 2024. (Foto: Reuters/Jose Luis Gonzalez)

Pusat Badai Nasional AS mengatakan pada Selasa (8/10), kekuatan badai Milton kembali ke kategori 5, setelah sebelumnya sempat melemah.

“Warga Florida harus menyiapkan keluarga dan rumah mereka dan mengungsi jika diminta,” kata lembaga tersebut.

Pemburu badai Angkatan Udara melaporkan, intensitas badai Milton meningkat kembali ketika badai itu menuju kawasan Tampa Bay di Florida, kata pusat badai.

Florida bersiap menghadapi bencana yang diperkirakan akan terjadi sewaktu Badai Milton mencapai daratan pada Rabu (9/10) di sepanjang ratusan kilometer garis pantai yang dihuni lebih dari 1 juta orang. Warga di kawasan tersebut telah diperintahkan untuk mengungsi. Di tempat itu juga, badai Helene menimbulkan kerusakan dan kehancuran kurang dari dua minggu lalu.

“Evakuasi sekarang dan sekarang juga,” saran Presiden AS Joe Biden kepada penduduk Florida pada Selasa dari Gedung Putih. Presiden pekan ini membatalkan perjalanan ke Jerman dan Angola. Ia tetap berada di AS guna mengawasi persiapan dan tanggapan terhadap Milton, kata Gedung Putih.

“Milton berpotensi menjadi salah satu badai paling merusak yang pernah tercatat di wilayah Florida tengah-barat,” kata pusat badai, seraya menambahkan gelombang badai berbahaya setinggi 3 hingga 4,5 meter kemungkinan akan muncul.

Gubernur Florida Ron DeSantis mengatakan, Florida akan mengaktifkan 8.000 anggota Garda Nasional untuk membantu mengatasi dampak Milton. Florida mengirim truk-truk yang memuat perbekalan dan peralatan ke daerah di mana badai itu diperkirakan akan menghantam, kata DeSantis.

Peramal cuaca di Pusat Badai Nasional mengatakan, curah hujan akibat badai Milton bisa mencapai 12 hingga 30 sentimeter dan mencapai 45 sentimeter di seluruh bagian tengah dan utara Semenanjung Florida hingga Kamis. Hujan sebanyak itu bisa menyebabkan “banjir bandang dan banjir perkotaan yang mengancam jiwa, serta banjir sungai berukuran sedang hingga besar,” tambahnya.

Lusinan tempat penampungan darurat telah disiapkan untuk mereka yang membutuhkannya, dengan satu lokasi di Florida yang mampu menampung 10.000 orang, menurut gubernur. [ps/uh]

Forum

XS
SM
MD
LG