Tautan-tautan Akses

FTC Jajaki Penetapan Harga Berdasarkan Data Pribadi 


Lina Khan, Ketua Federal Trade Commission (FTC)
Lina Khan, Ketua Federal Trade Commission (FTC)

Komisi Perdagangan Federal AS (FTC) telah meluncurkan kajian mengenai produk-produk yang memungkinkan perusahaan menetapkan harga yang berbeda-beda bagi konsumen berdasarkan lokasi mereka, pembelian sebelumnya, dan data pribadi lainnya.

FTC Selasa (23/7) mengatakan mereka telah memerintahkan Mastercard, JP Morgan Chase, dan enam perusahaan lain untuk memberikan informasi mengenai produk-produk dengan harga yang ditargetkan, data yang mereka gunakan, siapa yang menggunakan produk-produk tersebut dan dampaknya terhadap harga.

Komisi tersebut meminta informasi serupa dari penyedia layanan teknologi informasi Accenture, perusahaan konsultan McKinsey & Co., dan penyedia perangkat lunak Pros Holdings Inc, Revionics, Bloomreach, dan Task Software.

Semua perusahaan itu menawarkan berbagai produk yang menggunakan data konsumen dan kecerdasan buatan (AI) atau teknologi lain untuk menargetkan harga bagi konsumen individu, kata FTC. Tidak satu pun di antara perusahaan-perusahaan itu yang dituduh melakukan pelanggaran.

Ketua FTC Lina Khan mengatakan penelitian itu akan menjelaskan “ekosistem bayangan mengenai perantara penetapan harga.”

“Perusahaan-perusahaan yang mengambil data pribadi warga Amerika dapat membahayakan privasi orang-orang. Sekarang perusahaan-perusahaan dapat memanfaatkan informasi pribadi yang sangat besar ini untuk menetapkan harga yang lebih tinggi bagi orang-orang,” kata Khan dalam sebuah pernyataan.

Seorang juru bicara Revionics mengatakan perusahaan itu tidak menggunakan data konsumen individu atau mengembangkan perangkat lunak untuk menetapkan harga bagi individu, dan bahwa perangkat lunaknya mempertimbangkan faktor-faktor pasar sewaktu merekomendasikan harga kepada para peretail.

“Kami yakin FTC akan menegaskan manfaat perangkat lunak optimisasi harga AI Revionics sambil menunggu penelitian mengenai masalah ini,” kata juru bicara itu.

Seorang juru bicara Mastercard mengatakan pihak mereka sedang meninjau perintah tersebut dan akan bekerja sama dengan FTC. Perusahaan-perusahaan lain tidak segera mengomentari perintah tersebut. [uh/ab]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG