Tautan-tautan Akses

Gedung Putih: Perundingan Gaza Ada Kemajuan Meski Lebanon Bergejolak


Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, John Kirby
Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, John Kirby

Gedung Putih, Senin, mengatakan bahwa perundingan gencatan senjata Gaza di Kairo mengalami kemajuan dan diperkirakan akan berlanjut pada tingkat kerja dalam beberapa hari meskipun terjadi bentrokan antara Israel dan Hizbullah di Lebanon.

"Terus ada kemajuan. Tim di lapangan terus menggambarkan perundingan itu sebagai sesuatu yang konstruktif," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby kepada wartawan.

"Jadi meskipun ada serangan roket dan drone oleh Hizbullah pada akhir pekan, yang berhasil ditangkis Israel dengan sangat baik, itu tidak memengaruhi pekerjaan sebenarnya di lapangan oleh tim yang berusaha mewujudkan kesepakatan gencatan senjata ini," kata Kirby.

AS berulang kali menyuarakan optimisme untuk perundingan mengenai dicapainya gencatan senjata yang diusulkan Presiden Joe Biden dalam konflik yang telah berlangsung lebih dari 10 bulan, meskipun ada perbedaan pendapat yang berulang kali disuarakan antara Israel dan Hamas.

Kirby mengatakan bahwa pejabat senior Gedung Putih Brett McGurk tinggal sehari lebih lama di Kairo untuk memungkinkan pembicaraan lebih lanjut pada tingkat yang lebih rendah. "Dia mungkin akan segera pergi dan menyerahkan diskusi dan pekerjaan kepada anggota kelompok kerja," kata Kirby. [ka/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG