Tautan-tautan Akses

Gempa Kuat di Afghanistan dan Pakistan, Sedikitnya 13 Tewas


Orang-orang berkumpul di luar mal setelah terjadinya gempa bumi di Islamabad, Pakistan, pada 21 Maret 2023. (Foto: AFP)
Orang-orang berkumpul di luar mal setelah terjadinya gempa bumi di Islamabad, Pakistan, pada 21 Maret 2023. (Foto: AFP)

Sedikitnya 13 orang tewas di Afghanistan dan Pakistan akibat gempa bumi kuat yang mengguncang kawasan timur laut Afghanistan, Selasa (21/3).

Survei Geologi AS mengatakan gempa berkekuatan 6,5 magnitudo terjadi sekitar 40 kilometer sebelah tenggara kota Jurn di wilayah pegunungan Hindukush, pada kedalaman 118 kilometer.

Sedikitnya empat orang tewas dan 50 lainnya terluka di timur laut Afghanistan. Sementara itu para pejabat di Pakistan mengatakan sedikitnya sembilan orang tewas dan 44 cedera di provinsi Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan Utara.

Puluhan rumah dan bangunan runtuh atau rusak berat. Guncangan akibat gempa itu dirasakan di Asia Selatan hingga sejauh New Delhi, lebih dari 2.000 kilometer dari pusat gempa.

Kawasan ini rentan terhadap peristiwa seismik. Gempa hari Selasa terjadi hampir satu tahun setelah gempa berkekuatan 6,1 melanda bagian tenggara Afghanistan, menewaskan lebih dari 1.000 orang. Puluhan ribu orang di Pakistan dan Kashmir tewas akibat gempa berkekuatan 7,6 pada tahun 2005. [uh/ab]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG