Tautan-tautan Akses

Hadapi Hujan Lebat, Warga Australia Siapkan Karung Pasir


Hujan lebat di pinggiran Londonderry, Sydney, Australia, 5 Juli 2022. (Foto: REUTERS/Loren Elliott)
Hujan lebat di pinggiran Londonderry, Sydney, Australia, 5 Juli 2022. (Foto: REUTERS/Loren Elliott)

Listrik padam di ratusan rumah di Australia tenggara pada Kamis (13/10). Penduduk tampak bergegas membuat dan mengambil karung-karung pasir untuk melindungi properti sementara hujan lebat melanda wilayah tersebut. Badan Penanggulangan Bencana setempat memperingatkan akan hujan yang lebih lebat, angin yang merusak, dan banjir bandang.

Ketua Badan Penanggulangan Bencana Victoria Tim Wiebusch mengatakan: "Victoria sekarang mengalami darurat banjir yang sangat signifikan. Dan itu akan berlanjut hari ini sementara hujan turun dan dalam beberapa hari mendatang dan sepanjang akhir pekan, hingga minggu depan."

Victoria dan negara bagian Pulau Tasmania akan menjadi yang terparah. Sebagian daerah di Victoria telah diguyur curah hujan sekitar 140 mm, lebih dari dua kali lipat rata-rata curah hujan Oktober, dalam 24 jam hingga Kamis pagi, kata Biro Meteorologi.

Banjir yang merusak telah berulang kali melanda pantai timur Australia sejak awal tahun lalu karena fenomena cuaca multitahun La Nina, yang biasanya membawa lebih banyak hujan.

Beberapa bendungan mulai meluap untuk pertama kali dalam puluhan tahun dan media lokal melaporkan sejumlah tempat di Victoria menghadapi kekurangan karung pasir. [ka/ab]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG