Tautan-tautan Akses

Hakim Militer AS Tolak Batalkan Dakwaan WikiLeaks


Bradley Manning, prajurit AS yang dituduh membocorkan rahasia militer ke WikiLeaks, meninggalkan pengadilan di Fort Meade, Maryland (foto: dok).
Bradley Manning, prajurit AS yang dituduh membocorkan rahasia militer ke WikiLeaks, meninggalkan pengadilan di Fort Meade, Maryland (foto: dok).

Hakim militer Amerika menolak membatalkan satu pun dari 22 dakwaan terhadap tentara Amerika yang dituduh membocorkan rahasia pemerintah ke situs WikiLeaks.

Hakim militer AS, Kolonel Denise Lind menolak upaya membatalkan 10 dakwaan terhadap Prajurit Satu Bradley Manning dalam sidang pra-peradilan hari Jumat (8/6) di markas militer Fort Meade di Maryland.

Hakim menolak argumen pembelaan bahwa delapan dakwaan kepemilikan tidak sah dan pengungkapan informasi rahasia itu "tidak konstitusional." Ia juga menolak membatalkan dua dakwaan yang menuduh Manning melampaui kewenangannya mengakses sistem komputer Departemen Pertahanan. Menurut Lind, pengadilan militer terhadap Manning, yang dijadwalkan mulai 21 September, akan dundur ke November atau Januari.

Manning, analis intelijen militer, dituduh membocorkan ribuan kabel diplomatik dan dokumen militer terkait perang di Irak dan Afghanistan. Tuduhan paling serius terhadapnya adalah "membantu musuh." Jika terbukti bersalah, ia akan mendekam seumur hidup dalam penjara.

Pejabat-pejabat Amerika berpendapat tindakan Manning mengancam keamanan nasional Amerika dan membahayakan nyawa. Manning menyatakan ia ingin orang tahu tentang apa yang disebutnya kebenaran mengenai operasi militer Amerika.
XS
SM
MD
LG