Tautan-tautan Akses

Hari Masyarakat Pribumi Dirayakan di Tengah Persiapan Pemilu di Amerika Serikat


T.O. Mumsigo tampil di festival Hari Masyarakat Pribumi di Phoenix, 9 Oktober 2023. (Ross D. Franklin/AP)
T.O. Mumsigo tampil di festival Hari Masyarakat Pribumi di Phoenix, 9 Oktober 2023. (Ross D. Franklin/AP)

Ketika penduduk asli Amerika di seluruh Amerika Serikat berkumpul pada hari Senin (14/10) untuk memperingati Hari Masyarakat Pribumi guna merayakan sejarah dan budaya mereka serta mengakui tantangan yang sedang mereka hadapi, banyak di antara mereka yang akan melakukannya dengan memusatkan perhatian pada pemilihan umum.

Mulai dari rapat umum pemungutan suara di Minneapolis yang menampilkan makanan, permainan, dan undian hingga bincang-bincang publik tentang suara penduduk asli di Virginia Tech, hari libur yang jatuh sekitar tiga minggu sebelum Hari Pemilihan ini akan menampilkan beragam acara yang diarahkan untuk mengerahkan dan menjangkau pemilih penduduk asli di tengah-tengah pengakuan yang kuat atas kekuatan suara mereka.

Pada tahun 2020, pemilih penduduk asli terbukti menentukan dalam pemilihan presiden. Kehadiran pemilih di tanah adat di Arizona meningkat secara dramatis dibandingkan dengan pemilihan presiden sebelumnya, membantu Joe Biden memenangkan negara bagian yang belum pernah mendukung kandidat Demokrat dalam kontes Gedung Putih sejak tahun 1996.

Janeen Comenote, direktur eksekutif National Urban Indian Family Coalition, yang terlibat dalam setidaknya selusin acara terkait pemilihan semacam ini di seluruh negeri, mengatakan bahwa tahun ini sangat penting untuk memobilisasi para pemilih penduduk asli karena Amerika Serikat sedang memilih presiden. Namun ia mengingatkan bahwa penduduk asli sama sekali tidak seragam dalam hal bagaimana mereka memilih.

“Kami benar-benar hanya mengajak para pemilih pribumi untuk memilih, bukan memberitahu mereka bagaimana cara memilih. Melainkan semacam pemahaman bahwa Anda memiliki suara dan Anda adalah demokrasi, demokrasi yang kita bantu ciptakan,” kata Comenote, seorang warga dari Suku Indian Quinault.

FILE - Anak-anak Hopi menari di depan Balai Kota pada Hari Masyarakat Pribumi di Flagstaff, Arizona, 10 Oktober 2022. (Felicia Fonseca/AP)
FILE - Anak-anak Hopi menari di depan Balai Kota pada Hari Masyarakat Pribumi di Flagstaff, Arizona, 10 Oktober 2022. (Felicia Fonseca/AP)

Di Arizona, koalisinya bermitra dengan Phoenix Indian Center untuk mengadakan pertemuan terbuka pada hari Senin yang bertajuk “Demokrasi adalah Pribumi: Kekuatan Suara Penduduk Asli,” yang akan menampilkan pembicara dan pertunjukan, serta karya seni penduduk asli yang berpusat pada demokrasi.

Di Apex, North Carolina, sekitar 23 kilometer barat daya Raleigh, koalisi ini bekerja sama dengan Triangle Native American Society untuk sebuah acara yang diharapkan mencakup perayaan 100 tahun Undang-Undang Kewarganegaraan Suku Indian tahun 1924 dan sebuah gerai dengan informasi pemilih nonpartisan dan hadiah.

Meskipun bukan hari libur federal, Hari Masyarakat Prbumi diperingati oleh 17 negara bagian, termasuk Washington, South Dakota dan Maine, serta Washington, D.C., menurut Pew Research Center. Perayaan ini biasanya diadakan pada hari Senin kedua di bulan Oktober, yang merupakan hari yang sama dengan hari libur nasional Columbus Day. [my/uh]

Forum

XS
SM
MD
LG