Tautan-tautan Akses

Produser Hollywood Harvey Weinstein Hadapi 6 Dakwaan Tambahan Pelecehan Seksual


Harvey Weinstein meninggalkan Pengadilan Kriminal New York, AS, 21 Februari 2020. (Foto: REUTERS/Lucas Jackson)
Harvey Weinstein meninggalkan Pengadilan Kriminal New York, AS, 21 Februari 2020. (Foto: REUTERS/Lucas Jackson)

Pengusaha media yang dipermalukan dengan beragam kasus serangan seksual, Harvey Weinstein, hari Jumat (2/10) didakwa dengan enam dakwaan tambahan terkait serangan seksual di Los Angeles. Semuanya berasal dari tiga dugaan pemerkosaan pada awal tahun 2000an.

Weinstein saat ini sedang menjalani hukuman 23 tahun penjara di negara bagian dekat Buffalo, New York, pasca vonis Februari lalu atas pemerkosaan tingkat tiga dan kekerasan seksual paksa terhadap dua perempuan. Dalam tiga tahun terakhir ini Weinstein dituduh telah melakukan pelecehan seksual atau pelanggaran lain terhadap lebih dari 100 perempuan.

Dakwaan baru terhadap mantan produser film terkenal itu terkait dengan pemerkosaan seorang perempuan di Beverly Hills Hotel, antara bulan September 2004 hingga September 2005, di mana Weinstein didakwa melakukan pemerkosaan.

Weinstein juga dituduh memperkosa perempuan kedua dalam dua kesempatan pada November 2009 dan November 2010 di lokasi yang sama. Untuk tuduhan ini Weinstein didakwa dengan empat dakwaan pemerkosaan.

Kantor jaksa di distrik Los Angeles belum mengidentifikasi para korban.

Secara keseluruhan ada 11 dakwaan yang menunggu Weinstein di Los Angeles County. Jika terbukti bersalah atas dakwaan-dakwaan baru itu, ia dapat menghadapi hukuman penjara 140 tahun. [em/pp]

XS
SM
MD
LG