Tautan-tautan Akses

Hindari Pajak, Aktivis Iklim Vietnam Dihukum Penjara


Unjuk rasa aktivis perubahan iklim di depan Katedral St. Joseph di Hanoi, Vietnam 27 September 2019. (REUTERS/Kham)
Unjuk rasa aktivis perubahan iklim di depan Katedral St. Joseph di Hanoi, Vietnam 27 September 2019. (REUTERS/Kham)

Pengadilan Vietnam, Kamis (28/9) menjatuhkan hukuman penjara pada seorang aktivis iklim terkemuka dengan tuduhan menghindari pajak. Ia adalah aktivis lingkungan terakhir yang dihukum penjara oleh pemerintah komunis Vietnam.

Pengadilan di Kota Ho Chi Minh menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara kepada Hoang Thi Minh Hong karena menghindari pembayaran pajak $275 ribu terkait dengan kelompok kampanye lingkungan hidupnya, CHANGE, kata pengacaranya, Nguyen Van Tu kepada kantor berita AFP.

Perempuan berusia 50 itu adalah yang terakhir dari lima aktivis lingkungan hidup yang dipenjarakan karena tuduhan menghindari pajak dalam dua tahun ini, sewaktu pemerintah otoritas Vietnam meningkatkan penindakan terhadap para aktivis.

Suaminya, Hoang Vinh Nam, mengatakan kepada AFP bahwa ia “kecewa” atas putusan tersebut. “Hukuman yang dijatuhkan pada Hong hari ini terlalu berat,” katanya. “Saya pikir ini tidak adil bagi Hong. Pengacaranya telah melakukan yang terbaik tetapi argumennya tidak dipertimbangkan dengan sepatutnya.”

Media pemerintah mengutip vonis itu yang menyatakan bahwa dakwaan tersebut terkait dengan pendapatan yang diperoleh CHANGE dari 2012 hingga 2022.

Hong mengakui tuduhan tersebut dan bersama-sama dengan keluarganya membayar kepada negara $145 ribu sebagai imbalan untuk keringanan hukuman, kata media pemerintah.

Hong mendirikan CHANGE untuk memobilisasi orang-orang Vietnam, terutama generasi muda, untuk mengambil tindakan terhadap isu-isu lingkungan yang mendesak, di antaranya perubahan iklim, perdagangan gelap satwa liar dan polusi.
Namun ia tiba-tiba menutup kelompoknya tahun lalu setelah empat aktivis lingkungan dan HAM dipenjarakan dengan tuduhan menghindari pajak.

Vietnam telah berkomitmen untuk mencapai emisi karbon bersih nol pada 2050, dan sekelompok negara kaya tahun lalu berjanji akan menggalang sedikitnya $15,5 miliar untuk membantu negara itu beralih dari bahan bakar fosil.

Tetapi Vietnam tidak menoleransi tentangan terhadap pemerintah satu partai itu, di mana para pengkritiknya menghadapi intimidasi, pelecehan dan pembatasan pergerakan. Pemerintah juga tampak tidak terlalu peduli pada perbedaan pendapat mengenai isu-isu lingkungan hidup. [uh/lt]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG