Tautan-tautan Akses

Houthi di Yaman Peringati 8 Tahun Perang Lawan Koalisi Pimpinan Arab Saudi


Parade militer pasukan Houthi dan persenjataan di jalan protokol Ibu Kota Yaman, Sanaa, 21 September 2022. (Foto: Ansar Allah Media via AP)
Parade militer pasukan Houthi dan persenjataan di jalan protokol Ibu Kota Yaman, Sanaa, 21 September 2022. (Foto: Ansar Allah Media via AP)

Ribuan warga Yaman, Minggu (26/3), berunjuk rasa di Ibu Kota Yaman, Sanaa, yang dikuasai kelompok pemberontak itu untuk memperingati delapan tahun perang melawan koalisi pimpinan Arab Saudi di negara itu.

Para pendukung kelompok Houthi-Syiah memadati jalan-jalan, meneriakkan berbagai slogan dan mengangkat senapan dalam perayaan itu.

Yaman telah dilanda perang saudara sejak 2014.

Meskipun serangan udara dan pertempuran darat tak kunjung henti, perang itu telah menemui jalan buntu dan menciptakan salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

Iran dan Arab Saudi pada awal Maret lalu mencapai kesepakatan untuk menormalisasi hubungan bilateral kedua, dengan harapan dapat segera menyelesaikan konflik di Yaman di mana kedua kekuatan di kawasan itu mendukung pihak yang saling berlawanan.

Namun demikian pertempuran di Provinsi Marib meningkat minggu ini, di mana kelompok pemberontak Houthi menyerang daerah-daerah yang dikuasai pemerintah.

Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan lebih dari 21 juta warga Yaman, atau dua per tiga populasi negara itu, membutuhkan bantuan kemanusiaan dan perlindungan. [em/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG