Tautan-tautan Akses

Jaksa Agung AS Bela Jaksa Khusus yang Mendakwa Trump


Jaksa Agung AS Merrick Garland speaks berbicara dalam konferensi pers di Departemen Kehakiman di Washington, padal 14 April 2023. (Foto: AP/Susan Walsh)
Jaksa Agung AS Merrick Garland speaks berbicara dalam konferensi pers di Departemen Kehakiman di Washington, padal 14 April 2023. (Foto: AP/Susan Walsh)

Jaksa Agung AS Merrick Garland, pada Rabu (14/6), membela Jack Smith, jaksa karir yang dia tunjuk sebagai jaksa khusus independen untuk menangani penyelidikan kriminal mantan Presiden Donald Trump.

Trump telah berulang kali menyerang Smith dalam postingan media sosialnya. Dia menyebut jaksa penuntut itu sebagai “preman” dan “gila,” termasuk pada hari Selasa (13/6), ketika Trump mengaku tidak bersalah dalam persidangan di Gedung Pengadilan AS di Miami atas 37 dakwaan yang diajukan oleh Smith. Dokumen tersebut menuduh Trump “sengaja” menyimpan 31 dokumen keamanan nasional yang sangat rahasia dan berkonspirasi untuk menyembunyikannya ketika otoritas federal meminta dia menyerahkannya.

“Mr. Smith adalah jaksa karir veteran,” kata Garland. “Dia telah mengumpulkan sekelompok jaksa dan agen berpengalaman dan berbakat yang memiliki komitmen yang sama terhadap integritas dan supremasi hukum. Setiap pertanyaan tentang masalah ini harus dijawab dengan tuntutan mereka di pengadilan.”

Sidang Dakwaan Federal terhadap Mantan Presiden Donald Trump
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:55 0:00

Smith duduk di belakang sesama jaksa penuntut di ruang sidang pada hari Selasa, beberapa meter dari Trump di meja terdakwa, tetapi mereka tidak berinteraksi sama sekali.

Seorang pengacara Trump menyebut kliennya sebagai “Presiden Trump,” sementara hakim yang menyampaikan dakwaan terhadap Trump menyebutnya sebagai “mantan presiden” dan jaksa penuntut memanggilnya “terdakwa.”

Pembelaan Garland terhadap Smith itu adalah pertama kalinya dia berkomentar di depan umum sejak dewan juri federal menuntut Trump minggu lalu. Ini adalah pertama kalinya seorang mantan atau presiden AS yang sedang menjabat menghadapi dakwaan federal. [lt/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG