Tautan-tautan Akses

Jaksa AS: Perempuan Rusia yang Ditangkap Tampaknya Miliki Hubungan dengan Intelijen Rusia


Maria Butina, perempuan Rusia yang ditangkap di Washington pada akhir pekan atas tuduhan bekerja sebagai agen asing ilegal (foto: dok).
Maria Butina, perempuan Rusia yang ditangkap di Washington pada akhir pekan atas tuduhan bekerja sebagai agen asing ilegal (foto: dok).

Seorang perempuan Rusia yang ditangkap di Washington pada akhir pekan atas tuduhan bekerja sebagai agen asing ilegal di Amerika "agaknya" memiliki hubungan dengan dinas intelijen Rusia, kata jaksa yang mengungkapkan hal itu dalam dokumen pengadilan hari Rabu (18/7).

Maria Butina, yang membentuk sebuah organisasi hak-senjata dan bekerja sebagai asisten pejabat tinggi pemerintah Rusia, dituduh menyusup ke organisasi politik Amerika yang berpengaruh seperti National Rifle Association atau Persatuan Senjata Api Nasional atau NRA yang untuk mendorong kepentingan Rusia di Amerika.

Dia didakwa oleh dewan juri hari Selasa, dengan satu tuduhan konspirasi untuk menipu Amerika, dan tuduhan lain, bekerja sebagai agen asing sehubungan dengan operasi tersembunyi untuk mendapatkan pengaruh..

Jaksa menuduh Butina melaksanakan rencana jahat atas perintah pejabat senior pemerintah Rusia yang tidak disebutkan namanya. Pejabat itu tidak disebutkan dalam dokumen pengadilan, tetapi deskripsinya cocok dengan Alexander Torshin, seorang deputi gubernur bank sentral Rusia dan mantan senator Partai Rusia Bersatu, partai Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dalam dokumen pengadilan yang minta penahanan pra-sidang bagi Butina, jaksa mengungkap dugaan hubungan antara Butina dengan intelijen Rusia. Penyelidikan FBI atas perangkat-perangkat elektroniknya menunjukkan bahwa Butina "berhubungan dengan pejabat yang diyakini sebagai operator intelijen Rusia," kata jaksa. [ps/ii]

XS
SM
MD
LG