Tautan-tautan Akses

Jaksa Penuntut dalam Kasus Hunter Biden Sangkal Lakukan Aksi Pembalasan Terhadap Petugas Pajak


Hunter Biden, putra dari Presiden AS Joe Biden, menghadiri sebuah acara di Gedung Putih, Washington, pada 18 April 2022. (Foto: AFP/Mandel Ngan)
Hunter Biden, putra dari Presiden AS Joe Biden, menghadiri sebuah acara di Gedung Putih, Washington, pada 18 April 2022. (Foto: AFP/Mandel Ngan)

Jaksa federal yang memimpin penyelidikan terhadap putra Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Hunter, menolak tuduhan bahwa dia telah dihambat untuk membuat tuntutan pidana di Los Angeles dan Washington. Penyelidik tersebut juga menyangkal telah melakukan aksi pembalasan terhadap pejabat Dinas Pajak AS atau IRS yang mengungkap rincian kasus itu.

Dalam surat berisi dua halaman yang ditujukan kepada anggota Partai Republik di DPR AS, jaksa David Weiss di Delaware membela proses investigasi panjang terhadap kesepakatan finansial yang dilakukan oleh Hunter Biden yang berakhir pada bulan lalu, dengan permohonan kepada Departemen Kehakiman yang kemungkinan membebaskan putra Biden itu dari hukuman di balik jeruji besi.

Weiss, yang diangkat ke jabatan itu oleh Presiden Donald Trump dan diteruskan oleh pemerintahan Biden mengatakan dalam suratnya, bahwa departemen "tidak melakukan aksi pembalasan" terhadap seorang petugas IRS, Gary Shapley, yang mengatakan jaksa telah membantu menghambat promosi jabatan Shapley setelah pegawai pajak itu menghubungi penyelidik kongres tentang kasus Hunter Biden.

Shapley adalah salah satu dari dua petugas IRS yang diwawancarai oleh Partai Republik yang melakukan penyelidikan ke hampir setiap aspek urusan bisnis putra presiden Biden itu.

Salah seorang dari komite penyelidik memilih untuk mengungkapkan secara terbuka kesaksian kongres dari petugas IRS, tidak lama setelah kesepakatan pembelaan diumumkan pada 20 Juni.

Kesaksian dari Shapley dan seorang agen merincikan apa yang mereka sebut sebagai pola "langkah investigasi yang berjalan lamban" dan menunda tindakan penegakan hukum beberapa bulan menjelang pilpres 2020 yang akhirnya dimenangkan oleh Joe Biden dari Partai Demokrat.

Shapley juga mengklaim bahwa Weiss telah meminta status pengacara khusus kepada Departemen Kehakiman pada Maret 2020 untuk membawa kasus pajak tersebut ke yurisdiksi di luar Delaware, termasuk Washington, dan California, namun akhirnya ditolak.

Merespons klaim tersebut, pihak departemen mengatakan Weiss memiliki "otoritas penuh terkait kasus tersebut, termasuk tanggung jawab dalam menentukan kapan, di mana, dan apakah ia akan mengajukan dakwaan sesuai dengan penilaiannya. Dia tidak memerlukan persetujuan untuk melakukan hal tersebut." [ps/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG