Tautan-tautan Akses

James Biden: Joe Biden Tak Terlibat Urusan Bisnis Keluarga


James Biden, saudara Presiden AS Joe Biden, tampak di Gedung Capitol di Washington DC, Rabu (21/2) untuk memberikan keterangan.
James Biden, saudara Presiden AS Joe Biden, tampak di Gedung Capitol di Washington DC, Rabu (21/2) untuk memberikan keterangan.

Sidang penyelidikan pemakzulan Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang digelar pada Rabu (21/2) di Capitol Hill menghadirkan saudara Biden, James Biden, untuk dimintai keterangan.

James Biden mengatakan kepada para penyelidik Kongres dari Partai Republik bahwa Presiden Joe Biden “tidak pernah memiliki keterlibatan apapun” dalam urusan bisnis keluarga, ketika sesi tanya jawab berlangsung secara terbatas.

Menurut pernyataan pembuka yang diperoleh the Associated Press, James Biden mengatakan, “Saya telah berkarir selama 50 tahun di berbagai bisnis. Joe Biden tidak pernah terlibat atau memiliki kepentingan finansial, secara langsung maupun tidak langsung, dalam kegiatan-kegiatan tersebut.”

Pemanggilan James Biden oleh penyelidik kongres dari Partai Republik ini merupakan langkah terbaru dalam rangkaian upaya terkini untuk membangun kembali momentum pemakzulan seputar keuangan keluarga Biden di luar negeri yang sempat terhenti dalam beberapa bulan terakhir.

Kritik atas kurangnya bukti terkait langsung ke presiden semakin besar muncul di kalangan Partai Republik sendiri.

Proses penyelidikan ini bahkan semakin dilemahkan pada pekan lalu ketika seorang informan FBI didakwa dengan tuduhan merekayasa cerita tentang skema penyuapan jutaan dolar yang melibatkan Presiden Joe Biden, putranya, Hunter Biden, dan sebuah perusahaan energi Ukraina.

Pasalnya, klaim itu menjadi sumber yang dimanfaatkan Partai Republik di Kongres untuk menyelidiki presiden dan keluarganya. Pengacara Hunter Biden, yang dijadwalkan memberi keterangan pada minggu depan, mengatakan klaim itu menunjukkan bahwa penyelidikan tersebut “didasarkan pada tuduhan dan saksi yang tidak jujur dan tidak kredibel.

Partai Republik menolak pembelaan keluarga Biden dan menyatakan bahwa bukti yang telah mereka kumpulkan sejak tahun lalu menggambarkan persoalan “jual-beli pengaruh” dalam setiap urusan bisnis keluarga, terutama dengan klien internasional. (ti/jm)

Forum

XS
SM
MD
LG