Tautan-tautan Akses

Jubir Militer: Houthi Yaman Serang Kapal yang Menuju Israel


Seorang pejuang Houthi berdiri di atas kapal kargo Galaxy Leader yang sedang melintas di Laut Merah (foto: dok).
Seorang pejuang Houthi berdiri di atas kapal kargo Galaxy Leader yang sedang melintas di Laut Merah (foto: dok).

Dengan rudal-rudal angkatan laut, gerakan Houthi Yaman menarget kapal Zografia yang sedang menuju Israel. Serangan itu mengenai "sasaran", kata juru bicara militer kelompok itu Yahya Sarea dalam sebuah pernyataan, Selasa (16/1).

Serangan terjadi setelah awak kapal menolak seruan peringatan, termasuk tembakan peringatan. Angkatan bersenjata Houthi Yaman terus menerapkan keputusan untuk mencegah navigasi kapal-kapal Israel atau yang terkait dengan musuh Israel di Laut Merah dan Laut Arab sampai agresi dihentikan dan pengepungan terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza dicabut.

Kapal curah berbendera Malta milik Yunani itu dihantam rudal sewaktu menuju utara di Laut Merah 76 mil laut barat laut pelabuhan Saleef di Yaman, kata satu perusahaan keamanan dan dua sumber kementerian pelayaran Yunani.

Zografia sedang berlayar dari Vietnam ke Israel dengan 24 awak di dalamnya. Kapal itu tidak membawa muatan ketika diserang, kata salah satu sumber Yunani. Tidak ada korban luka yang dilaporkan, tambah sumber itu. [ka/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG