Tautan-tautan Akses

Kalki 2898 AD, Film India yang Sukses di Amerika Utara


Poster Film Kalki 2898 AD.
Poster Film Kalki 2898 AD.

Setelah memetik sukses besar di India, "Kalki 2898 AD" membuat kejutan di ajang internasional. Film fiksi ini menuai banyak pujian kritukus film dan tercatat sebagai film India terlaris di Amerika Utara pada tahun 2024. 

Ditulis dan disutradarai oleh Nag Ashwin, film fiksi ilmiah berbahasa Telugu ini didasarkan pada kitab suci Hindu dan berlatarkan dunia pascaapokaliptik di mana kesenjangan ekonomi telah menciptakan ketegangan antara mereka yang hidup dalam kemewahan dan mereka yang hidup dalam kemelaratan.

Film ini mengikuti seorang pejuang yang bertekad melindungi seorang ibu yang anaknya belum terlahir di dunia namun ditakdirkan untuk menyelamatkan dunia.

Ashwin dan timnya pertama kali menayangkan trailer teaser film tersebut di San Diego Comic-Con 2023 dan menjadi film India pertama yang mendapat panel di ruang konferensi terkemuka.

"Ini sungguh seperti mimpi. Sepanjang hidup saya, saya banyak terinspirasi oleh Marvel atau Star Wars. Dan kemudian secara perlahan, saya mempunyai ide ini, satu demi satu, dan kemudian menjadi satu kesatuan. Ketika pembawa acara memanggil kami ke atas panggung, saya benar-benar tidak habis pikir betapa besarnya gagasan saya ini,” jelasnya.

Poster Film Kalki
Poster Film Kalki

Bagi Ashwin, kesuksesan "Kalki 2898 AD" adalah bukti bahwa cerita orisinal dari belahan dunia lain bisa berhasil di Amerika. "Saya kira ini luar biasa dan ini bukti bahwa ada minat terhadap cerita orisinal yang berasal dari belahan dunia lain. Jadi apa pun yang kami lakukan mulai saat ini, kami yakin akan ada penonton yang menikmatinya dan mereka akan datang untuk menyaksikannya," sebutnya.

Film ini juga dibintangi oleh Deepika Padukone sebagai SUM-80. Ashwin mengatakan bahwa bekerja dengan Padukone adalah hal yang "hebat".

“Saya kira dia bermain luar biasa apik untuk perannya. Sangat sulit untuk melakukan apa yang dia lakukan saat syuting film itu. Begitu banyak hal yang terjadi di sekitarnya, namun di kamera ia bisa menyedot perhatian tanpa banyak dialog, tanpa banyak bicara. Sulit untuk bisa melakukan itu,” jelas Ashwin.

Padukone adalah salah satu aktris dengan bayaran tertinggi di India pada tahun 2023. Dia banyak mendapat penghargaan karena kemampuan aktingnya dan masuk daftar tokoh paling populer di negara tersebut. Majalah Time pernah menobatkannya sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia pada tahun 2018 dan memberinya penghargaan Time 100 Impact Award pada tahun 2022. [ab/uh]

Forum

XS
SM
MD
LG