Tautan-tautan Akses

Kanselir Jerman Scholz Percaya AS akan Melanjutkan Dukungan bagi Ukraina


Kanselir Jerman Olaf Scholz berbicara dalam pertemuan dengan sejumlah awak media asing di Berlin, pada 12 September 2023. (Foto: AFP/John Macdougall)
Kanselir Jerman Olaf Scholz berbicara dalam pertemuan dengan sejumlah awak media asing di Berlin, pada 12 September 2023. (Foto: AFP/John Macdougall)

Terlepas dari gejolak yang terjadi di DPR Amerika Serikat, Kanselir Jerman Olaf Scholz yakin AS akan melanjutkan dukungannya bagi Ukraina, kata Scholz pada Rabu (4/10) setelah menggelar pertemuan dengan Perdana Menteri Bulgaria Nikolai Denkov di Berlin.

Mayoritas Partai Demokrat dan Partai Republik mendukung dilanjutkannya bantuan, kata Scholz, sambil menambahkan bahwa Presiden AS Joe Biden meyakinkan para sekutu dalam sambungan telepon pada Selasa (3/10) bahwa mereka tetap bisa mengandalkan Amerika Serikat.

“Saya sangat yakin Kongres Amerika akan meloloskan dukungan yang diperlukan bagi Ukraina. Ada banyak anggota Kongres dari Partai Demokrat dan Partai Republik yang memandang bantuan ini penting dan sebagian besarnya mengamini hal itu,” ujar Scholz.

Kemelut Kepemimpinan Kongres Berdampak hingga ke Bantuan terhadap Ukraina
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:50 0:00

Ia percaya proses politik di Washington akan segera menyetujui dana bantuan bagi Ukraina, selain tentunya bantuan yang sudah lebih dulu disetujui dan tersedia saat ini.

Dalam konferensi pers yang sama, Kanselir Scholz juga menyinggung soal pembatalan perundingan damai Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev dengan Armenia, yang seharusnya dilakukan pada Kamis (5/10).

Scholz mengatakan, niatnya adalah memastikan bahwa tidak akan ada konfrontrasi militer dan klaim wilayah terhadap Armenia, dan kembali mendorong diselenggarakannya proses damai. [rd/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG