Tautan-tautan Akses

Kapal Selam yang Bawa 5 Orang ke Bangkai Titanic Dilaporkan Hilang


Sebangkaian bangkai kapal Titanic yang karam di Samudra Atlantik. (Foto: via AP)
Sebangkaian bangkai kapal Titanic yang karam di Samudra Atlantik. (Foto: via AP)

Kapal selam canggih yang membawa lima orang untuk mendokumentasikan reruntuhan Titanic pada Senin (19/6) dilaporkan hilang. Aparat setempat saat ini sedang melakukan operasi penyelamatan.

Titanic sendiri adalah kapal laut ikonik yang tenggelam di Samudera Atlantik lebih dari seabad yang lalu.

Kapal itu dilaporkan terlambat pada Minggu (18/6) malam sekitar 700 kilometer di selatan St. John's, Newfoundland, menurut Pusat Koordinasi Penyelamatan Gabungan Kanada di Halifax, Nova Scotia. Letnan Kolonel Len Hickey mengatakan kapal Penjaga Pantai Kanada dan pesawat militer membantu upaya pencarian, yang dipimpin oleh Penjaga Pantai AS di Boston.

Sisa-sisa mantel dan sepatu bot di lumpur di dasar laut dekat buritan Titanic. (Foto: AP)
Sisa-sisa mantel dan sepatu bot di lumpur di dasar laut dekat buritan Titanic. (Foto: AP)

“Ini adalah daerah terpencil – dan merupakan tantangan untuk melakukan pencarian di daerah terpencil itu,” katanya. “Tapi kami mengerahkan semua aset yang tersedia untuk memastikan kami dapat menemukan pesawat itu dan menyelamatkan orang-orang di dalamnya.”

Menurut Penjaga Pantai, kapal itu pergi pada Minggu (18/6) pagi, dan kapal pendukungnya, kapal pemecah es penelitian Kanada Polar Prince, kehilangan kontak dengannya sekitar satu jam 45 menit kemudian.

Kapal Polar Prince akan terus melakukan pencarian permukaan sepanjang malam dan pesawat pengintai Boeing P-8 Poseidon Kanada akan melanjutkan pencarian permukaan dan bawah permukaan mereka di pagi hari, kata Penjaga Pantai di Twitter.

Forum

XS
SM
MD
LG