Tautan-tautan Akses

Kapsul Orion NASA Kembali ke Bumi Usai Tes Penerbangan ke Bulan


Kapsul luar angkasa Orion tampak bergerak mendekati bumi pada 11 Desember 2022 setelah melakukan tes penerbangan ke bulan selama tiga minggu. (Foto: NASA via AP)
Kapsul luar angkasa Orion tampak bergerak mendekati bumi pada 11 Desember 2022 setelah melakukan tes penerbangan ke bulan selama tiga minggu. (Foto: NASA via AP)

Kapsul Orion NASA kembali dengan sangat cepat dari bulan pada Minggu (11/12). Kapsul itu terjun payung ke lepas pantai Meksiko di Pasifik untuk mengakhiri penerbangan uji coba yang akan membuka jalan bagi astronaut untuk penerbangan ke bulan berikutnya.

Kapsul itu memasuki atmosfer dengan kecepatan Mach 32, atau 32 kali kecepatan suara dan melewati suhu 2.760 derajat Celcius. Kemudian, kapsul itu mencebur ke laut di sebelah barat Baja California dekat Pulau Guadalupe.

Sebuah kapal Angkatan Laut dengan cepat bergerak untuk mengambil pesawat ruang angkasa itu dan penumpangnya - tiga boneka yang dilengkapi sensor getaran dan monitor radiasi.

Keberhasilan NASA itu membuka jalan bagi penerbangan Orion berikutnya di sekitar bulan, yang ditargetkan akan berlangsung pada tahun 2024. Empat astronaut akan melakukan perjalanan tersebut. Kemudian, dua orang astronaut akan melakukan pendaratan di bulan pada awal 2025.

Astronaut terakhir kali mendarat di bulan 50 tahun lalu. Setelah Apollo 17 mendarat pada 11 Desember 1972, Eugene Cernan dan Harrison Schmitt menghabiskan tiga hari menjelajahi permukaan bulan, masa tinggal terlama di era Apollo. Mereka adalah awak yang terakhir dari 12 moonwalker atau astronaut yang berjalan di bulan.[vm/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG