Tautan-tautan Akses

Karena Ada Ancaman Hukuman Mati, Taiwan Tingkatkan Peringatan Perjalanan ke China


ILUSTRASI - Pemerintah Taiwan, Kamis (27/6) mendesak masyarakatnya untuk menghindari “perjalanan yang tidak perlu” ke China. (REUTERS/Dado Ruvic)
ILUSTRASI - Pemerintah Taiwan, Kamis (27/6) mendesak masyarakatnya untuk menghindari “perjalanan yang tidak perlu” ke China. (REUTERS/Dado Ruvic)

Pemerintah Taiwan, Kamis (27/6) mendesak masyarakatnya untuk menghindari “perjalanan yang tidak perlu” ke China setelah Beijing mengumumkan bahwa para pendukung “keras kepala” kemerdekaan pulau itu dapat menghadapi hukuman mati.

China mengklaim Taiwan yang demokratis sebagai bagian dari wilayahnya dan menolak mengesampingkan penggunaan kekerasan untuk menjadikan pulau yang mempunyai pemerintahan sendiri itu berada di bawah kendalinya.

Media pemerintah melaporkan pekan lalu, Beijing menerbitkan pedoman mengenai hukuman pidana bagi pendukung kemerdekaan Taiwan, termasuk hukuman mati untuk kasus-kasus “sangat serius” yang melibatkan para pendukung “keras kepala” kemerdekaan Taiwan.

Sebagai dampaknya, badan kebijakan utama Taiwan mengenai China, Dewan Urusan Daratan (MAC), Kamis (27/6) menaikkan peringatan perjalanannya ke tingkat “oranye”, tertinggi kedua. “Setelah penilaian menyeluruh, pemerintah menganggap perlu meningkatkan peringatan perjalanan di daratan China, Hong Kong dan Makau… dan menyarankan masyarakat untuk menghindari perjalanan yang tidak perlu,” kata juru bicara MAC Liang Wen-chieh.

Jika masyarakat Taiwan harus pergi ke China, Liang menyarankan mereka untuk tidak membahas isu-isu sensitif, memotret situs militer, bandara dan pelabuhan, dan "membawa buku-buku yang berkaitan dengan politik, sejarah dan agama".

Beijing belum melakukan komunikasi tingkat tinggi dengan Taipei sejak tahun 2016 dan mencap Presiden Taiwan Lai Ching-te sebagai “separatis berbahaya”. Pada hari Senin, Lai mengatakan China “tidak berhak menghukum” rakyat Taiwan atas pandangan atau dukungan mereka.

Amerika Serikat juga mengkritik pedoman hukuman mati yang diterapkan Beijing. Departemen Luar Negeri AS mengecam “bahasa dan tindakan pejabat RRT (Republik Rakyat China) yang dapat meningkatkan ketegangan dan mengganggu stabilitas.”

Beijing telah meningkatkan tekanan terhadap Taiwan dalam beberapa tahun terakhir. Setelah pelantikan Lai bulan lalu, China mengadakan latihan militer di sekitar pulau itu. [ab/ka]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG