Tautan-tautan Akses

Kasus Aktris Film Panas, Pengacara Trump akan Tutup Mulut


Michael Cohen, pengacara pribadi Presiden Donald Trump, di New York, 11 April 2018.
Michael Cohen, pengacara pribadi Presiden Donald Trump, di New York, 11 April 2018.

Pengacara pribadi Presiden Amerika Donald Trumpakan menggunakan haknya untuk tidak membuat pernyataan yang akan memberatkan dirinya sendiri dalam kasus hukum yang diajukan oleh bintang film porno Stormy Daniels. Hak itu tercantum dalam Amandemen Kelima Undang-Undang Dasar Amerika.

Michael Cohen mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat, Rabu (26/4), di pengadilan California bahwa ia memutuskan untuk menggunakan haknya itusetelah FBI menggeledah rumahnya, kantor dan kamar hotel awal bulan ini.

Penggerebekan itu untuk mencari dokumen yang berkaitan dengan Daniels dan hal-hal lain.

Daniels, yang nama aslinya adalah Stephanie Clifford, menuntut Cohen karena pencemaran nama baik dengan menuduhnya berbohong tentang perselingkuhan dengan Trump.

Cohen telah mengakui membayar Daniels $130 ribu sebagai uang tutup mulut hanya beberapa minggu sebelum pemilihan presiden 2016. Cohen mengatakan dia membayar Daniels dari kantongnya sendiri dan bahwa kandidat Trump tidak tahu-menahu tentang transaksi tersebut.

Beberapa ahli hukum mengatakan pembayaran itu dapat dianggap sebagai sumbangan kampanye ilegal.

Trump membantah tuduhan mengetahui tentang pembayaran itu dan juga membantah ada perselingkuhan.

Daniels menuntut Trump dan Cohen supaya bebas dari perjanjian untuk tidak mengungkapkan hubungannya dengan Trump. Pengacaranya, Michael Avenatti, mengatakan kepada wartawan bahwa ia telah memperkirakan Cohen akan menggunakanAmandemen Kelima itu. [sp/ii]

XS
SM
MD
LG