Tautan-tautan Akses

Kebakaran Hutan di Barat dan Utara Turki Berhasil Dikendalikan


Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api yang membakar di dekat Kumkoy, di semenanjung Gallipoli, Turki, Selasa, 18 Juni 2024. (Foto: via AP)
Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api yang membakar di dekat Kumkoy, di semenanjung Gallipoli, Turki, Selasa, 18 Juni 2024. (Foto: via AP)

Para petugas pemadam kebakaran di Turki telah berhasil mengendalikan dua kebakaran hutan besar yang telah terjadi selama tiga hari, sementara

beberapa kebakaran hutan lainnya di berbagai penjuru negara itu diperkirakan akan segera dipadamkan, kata menteri kehutanan pada hari Minggu (18/8).

Kebakaran di provinsi pesisir barat Turki, Izmir, dan provinsi utara Bolu, terjadi pada Kamis malam dan petugas pemadam kebakaran telah berupaya memadamkannya sejak saat itu.

Berbicara di distrik Karsiyaka, Izmir, Menteri Kehutanan Ibrahim Yumakli mengatakan upaya pendinginan sedang dilakukan untuk memadamkan api sepenuhnya. Kebakaran kecil yang terjadi di distrik Urla di Izmir pada hari Sabtu juga dapat dikendalikan, katanya.

Kebakaran hutan lainnya di distrik Menderes di Izmir dan di provinsi-provinsi barat -- Aydin, Manisa dan Usak -- serta provinsi utara Karabuk masih terus terjadi. Pesawat-pesawat, helikopter-helikopter dan kendaraan-kendaraan lain telah dikerahkan untuk memadamkan api dan semuanya “hampir dapat dipadamkan”.

Pihak berwenang Turki memperingatkan risiko tinggi kebakaran hutan lebih lanjut di Turki utara dan barat selama beberapa hari ke depan karena suhu tinggi, kelembapan rendah, dan angin kencang.

Beberapa wilayah di Turki, terutama daerah pesisirnya, telah dilanda kebakaran hutan dalam beberapa tahun terakhir karena musim panas menjadi semakin panas dan kering, yang oleh para ilmuwan dikaitkan dengan perubahan iklim. [ab/lt]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG