Tautan-tautan Akses

Kecelakaan Saat Latihan, Pesawat Militer AS Jatuh di Laut Tengah


Kapal induk AS USS Gerald R. Ford sedang melakukan latihan manuver laut di Newport News, Virginia, 8 April 2017. (Foto:Mass Communication Specialist 2nd Class Ridge Leoni/U.S. Navy via AP)
Kapal induk AS USS Gerald R. Ford sedang melakukan latihan manuver laut di Newport News, Virginia, 8 April 2017. (Foto:Mass Communication Specialist 2nd Class Ridge Leoni/U.S. Navy via AP)

Komando Amerika Serikat (AS) Eropa (U.S. European Command/EUCOM) mengatakan, Sabtu (11/11), mengatakan sebuah pesawat militer AS jatuh setelah mengalami "kecelakaan" saat latihan di bagian timur Laut Tengah.

Komando itu tidak memberi perincian tipe pesawat atau pesawat itu terbang dari mana. Namun, AS sudah mengerahkah grup tempur kapal induk ke area tersebut sebagai upaya untuk mencegah agar perang Israel-Hamas tidak bergulir menjadi konflik regional.

"Pada 10 November petang, sebuah pesawat militer AS yang sedang melakukan latihan operasi di timur Laut Tengah mengalami kecelakaan dan jatuh," kata EUCOM dalam pernyataan yang tidak menyebut nasib para kru pesawat nahas itu.

"Kami bisa mengatakan secara pasti bahwa manuver mendadak yang dilakukan oleh pesawat itu murni terkait pelatihan dan tidak ada indikasi aktivitas permusuhan," kata EUCOM dalam pernyataan itu.

EUCOM menambahkan "penyebab insiden latihan itu sedang dalam penyelidikan."

Washington mengerahkan dukungan militer segera untuk Israel dan memperkuat pasukannya di kawasan itu, termasuk dengan mengirimkan kapal induk USS Gerald R. Ford dan kapal-kapal tempur lainnya, setelah kelompok Hamas melancarkan serangan lintas batas dari Gaza pada 7 Oktober. Para pejabat Israel mengatakan serangan itu menewaskan 1.200 orang.

Militer Israel merespons dengan mengerahkan penyerangan di udara, darat dan laut terhadap Gaza, yang menurut Kementerian Kesehatan wilayah itu, menewaskan 11.000 orang. [ft/ah]

** Koresponden Keamanan Nasional VOA, Jeff Seldin, berkontribusi untuk laporan ini.

XS
SM
MD
LG