Tautan-tautan Akses

Kepala Militer  Israel: Kami akan Merespons Serangan Rudal Iran


Kepala Militer Israel Herzi Halevi
Kepala Militer Israel Herzi Halevi

Israel akan merespons serangan rudal Iran, dan pasukan mereka bisa menyerang di lokasi manapun di Timur Tengah, kata kepala militer negara itu pada Rabu (2/10).

“Kami akan merespons. Kami dapat menemukan target-target penting dan kami dapat menghantamnya dengan tepat dan kuat,” kata Kepala Staf Umum Herzi Halevi, dalam sebuah video dari sebuah pangkalan udara di Israel tengah, sehari setelah serangan rudal Iran ke Israel.

“Kami memiliki kemampuan untuk menjangkau dan menyerang setiap lokasi di Timur Tengah dan musuh-musuh kami yang tidak memahami ini, akan segera memahaminnya,” tambah dia.

Serangan rudal Iran menandai fase baru yang memiliki potensi bahaya dalam perang ini, yang dipicu oleh serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober tahun lalu dan diikuti oleh invasi Israel ke Gaza, yang sejak itu berkembang menjadi konflik lebih luas yang kini terancam mengikutsertakan Iran.

Serangan Hamas pada 7 Oktober mendorong kelompok Hizbullah di Lebanon yang didukung Iran, untuk menembakkan rentetan rudal terhadap Israel, dan kedua belah pihak telah terlibat dalam baku tembak lintas perbatasan sejak saat itu.

Dalam beberapa pekan terakhir, konflik telah berkobar dengan serius ketika Israel melakukan serangan udara paling besar terhadap target-target di Lebanon, sejak perang terakhir mereka pada 2006, dan Hizbullah menembakkan ratusan roket dan rudal ke Israel. [ns/ka]

Forum

XS
SM
MD
LG