Tautan-tautan Akses

Kepastian DNA Konfirmasi Dakwaan terhadap Tersangka Pembunuh Berantai Tahun 1977


Foto terdakwa Warren Luther Alexander yang dirilis oleh Kantor Kejaksaan Distrik Ventura Country. (Foto: Ventura County District Attorney's Office via AP)
Foto terdakwa Warren Luther Alexander yang dirilis oleh Kantor Kejaksaan Distrik Ventura Country. (Foto: Ventura County District Attorney's Office via AP)

Seorang pria berusia 73 tahun telah didakwa atas pencekikan tiga perempuan di California Selatan yang berujung kematian pada tahun 1977. Pihak berwenang meyakini bahwa sesungguhnya ada lebih banyak korban.

Kantor Kejaksaan Ventura County pada Kamis (8/8) mengatakan Warren Luther Alexander dari Diamondhead, Mississippi, hadir di pengadilan untuk pertama kalinya pada hari Kamis. Namun, dakwaan atas tiga tuduhan pembunuhan tingkat pertama terhadapnya ditangguhkan hingga tanggal 21 Agustus mendatang.

“Hari ini menandai langkah penting menuju keadilan yang sudah dinantikan sejak lama, bagi tiga perempuan (yang menjadi korban), keluarga, dan orang-orang yang mencintai mereka. Meskipun kita tidak pernah bisa menghapus kejadian di masa lalu, kita berkomitmen untuk memastikan agar ada jawaban (atas motif) dan pertanggungjawaban terhadap tindakan keji semacam ini,” ungkap Jaksa Distrik Ventura County, Erik Nasarenko.

Lebih jauh, Nasarenko mengatakan pihaknya yakin sebenarnya terdapat lebih banyak korban, baik di negara bagian California, maupun di wilayah lain.

“Penyelidikan ini akan terus berlanjut dan kami akan menelusuri setiap petunjuk apapun yang muncul. Kasus ini tidak akan ditutup,” tegasnya.

Nasarenko mengatakan satu hal yang memastikan pihaknya dapat mengaitkan Alexander dengan tiga pembunuhan itu adalah “keberadaan bukti yang mengarah pada kecocokan DNA.”

Alexander diekstradisi ke California pada 6 Agustus lalu dari Surry County, North Carolina, di mana dia menunggu penuntutan atas kasus pembunuhan tahun 1992. Para pejabat mengatakan semua korban di California adalah pekerja seks. [em/th]

Forum

XS
SM
MD
LG