Tautan-tautan Akses

Kerusakan Berlanjut Akibat Kebakaran Terbesar California Tahun Ini


Petugas pemadam kebakaran berusaha mengendalikan kebakaran di sepanjang Highway 36 di dekat Dales, California, pada Senin, 29 Juli 2024. (Foto: AP)
Petugas pemadam kebakaran berusaha mengendalikan kebakaran di sepanjang Highway 36 di dekat Dales, California, pada Senin, 29 Juli 2024. (Foto: AP)

Sejumlah besar petugas pemadam kebakaran dikerahkan di California pada Senin (29/7) untuk mengatasi kebakaran terbesar tahun ini di negara bagian tersebut, yang telah memicu evakuasi ribuan orang dan telah membakar area yang lebih luas dari kota Los Angeles.

Kebakaran yang disebut sebagai Park Fire di luar Chico, di bagian utara negara bagian tersebut, telah berkobar sejak Rabu di wilayah pedesaan, sekitar tiga jam perjalanan ke timur laut dari San Francisco.

Kini kebakaran tersebut telah menghanguskan lebih dari 149.700 hektar lahan, menurut badan kebakaran California, menjadikannya salah satu kebakaran terbesar dalam sejarah negara bagian tersebut.

Sejauh ini tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, dan petugas pemadam kebakaran diuntungkan oleh sedikit penurunan suhu selama akhir pekan yang memungkinkan mereka untuk membuat beberapa kemajuan dalam penanganan, dengan api yang kini telah terkendali sebesar 12 persen.

Hampir 4.900 petugas pemadam kebakaran telah dikerahkan, dengan 33 helikopter, 400 mobil pemadam kebakaran, dan sejumlah pesawat terbang untuk mengatasi kebakaran tersebut.

Lebih dari 26 ribu penduduk diperintahkan untuk dievakuasi pada Senin sore, sementara pihak berwenang menyerukan kewaspadaan yang tinggi karena risiko kebakaran yang meningkat.

“Kebakaran ini sangat tidak stabil dan tidak dapat diprediksi,” kata Sheriff Tehama County, Dave Kain dalam konferensi pers pada Senin.

“Kami telah melihat banyak tempat yang kami kira aman untuk ditinggali, teryata terbakar lagi,” tambahnya.

Kebakaran menyebar selama 48 jam pertama dengan kecepatan serupa orang berjalan, dan telah menimbulkan tornado api serta asap berbentuk seperti awan jamur. [ns/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG