Tautan-tautan Akses

Ketua DPR AS Ingin Duta Besar Ukraina Dipecat Karena Kunjungan Zelenskyy ke Pabrik Amunisi 


Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (kiri tengah) mendengarkan penjelasan saat berkunjung ke Pabrik Amunisi di Scranton, Pennsylvania, pada 22 September 2024. Duta Besar Ukraina untuk AS Oksana Markarova duduk mendampingi Zelenskyy dalam kunjungan itu. (Foto: U.S. Army via AP)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (kiri tengah) mendengarkan penjelasan saat berkunjung ke Pabrik Amunisi di Scranton, Pennsylvania, pada 22 September 2024. Duta Besar Ukraina untuk AS Oksana Markarova duduk mendampingi Zelenskyy dalam kunjungan itu. (Foto: U.S. Army via AP)

Ketua DPR AS dari Partai Republik, Mike Johnson, pada Rabu, (25/9) meminta agar Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memecat duta besarnya untuk Amerika Serikat terkait kunjungan Zelenskyy minggu ini ke sebuah pabrik di Pennsylvania.

"Saya minta Anda untuk segera memecat Duta Besar Ukraina untuk Amerika Serikat, Oksana Markarova," tulis Johnson dalam sebuah surat kepada Zelenskyy.

Johnson merilis surat itu sehari sebelum Zelenskyy dijadwalkan mengunjungi Gedung DPR AS di Washington untuk bertemu dengan para anggota Kongres. Johnson diperkirakan tidak akan bertemu dengan pemimpin Ukraina itu.

Kedutaan Besar Ukraina di Washington belum menanggapi permintaan komentar.

Sebagian anggota Partai Republik marah atas kunjungan Zelenskyy pada awal perjalanannya selama seminggu ke Amerika Serikat ke sebuah pabrik amunisi di kampung halaman Presiden Joe Biden di Scranton, Pennsylvania. Pennsylvania adalah salah satu negara bagian yang dianggap krusial bagi kemenangan dalam pemilihan presiden 5 November.

Selama kunjungan tersebut, Zelenskyy juga bertemu dengan Gubernur Pennsylvania Josh Shapiro, Senator Bob Casey, dan Perwakilan AS Matt Cartwright, yang semuanya adalah anggota Partai Demokrat.

Wakil Biden, Kamala Harris, adalah kandidat Demokrat yang bersaing dengan mantan Presiden Republik Donald Trump dalam perebutan Gedung Putih.

"Fasilitas tersebut berada di negara bagian medan pertempuran yang diperebutkan secara politik, dipimpin oleh perwakilan politik utama untuk Kamala Harris, dan gagal menyertakan satu pun anggota Partai Republik karena — dengan sengaja — tidak ada Republikan yang diundang," tulis Johnson.

"Kunjungan tersebut jelas merupakan acara kampanye partisan yang dirancang untuk membantu Demokrat dan jelas merupakan campur tangan pemilu," katanya.

Komite Pengawas DPR yang dipimpin Partai Republik telah mengumumkan bahwa mereka akan menyelidiki apakah perjalanan Zelenskyy merupakan upaya untuk menggunakan pemimpin asing demi keuntungan kampanye Harris.

Merupakan praktik umum bagi gubernur untuk bertemu dengan pemimpin asing yang melakukan perjalanan ke negara bagian mereka. Pada bulan Juli, Zelenskyy mengunjungi sebuah pabrik di Utah dan disambut oleh gubernur negara bagian itu dari Partai Republik, Spencer Cox. [my/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG