Tautan-tautan Akses

Konstitusi Baru Diusulkan, Chili Menuju Referendum September


Presiden Chili Gabriel Boric (tengah) menghadiri presentasi draf akhir proposal konstitusi di Kongres Nasional di Santiago, 4 Juli 2022.
Presiden Chili Gabriel Boric (tengah) menghadiri presentasi draf akhir proposal konstitusi di Kongres Nasional di Santiago, 4 Juli 2022.

Rakyat Chili selangkah lebih dekat untuk memilih konstitusi baru yang akan menggantikan piagam yang diberlakukan kediktatoran militer Augusto Pinochet.

Majelis konstitusi negara itu mempresentasikan rancangan konstitusi baru yang diusulkan Senin (4/7) kepada Presiden Gabriel Boric dalam upacara di Santiago. Teks itu mencakup 388 pasal yang mengakui keberadaan kelompok Pribumi Chili dan berfokus pada isu-isu sosial seperti lingkungan, perawatan kesehatan, perumahan dan kesetaraan gender.

Referendum untuk menyetujui usul konstitusi baru akan diadakan pada 4 September. Referendum terjadi dua tahun setelah rakyat Chili memberikan suara besar untuk mengganti konstitusi yang diterapkan pada tahun 1973 oleh Pinochet, dan direvisi selama 17 tahun pemerintahannya yang brutal, yang mendukung gagasan ekonomi pasar bebas.

Protes besar-besaran dan kekerasan meletus pada tahun 2020 menentang ketidaksetaraan pendapatan dan kesenjangan sosial. Tetapi publik tidak mendukung piagam yang diusulkan itu sejak awal tahun karena proses penyusunan yang kacau dalam pertemuan selama setahun.[ka/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG