Tautan-tautan Akses

Konvensi Partai Demokrat Dimulai, Biden dan Harris Menjadi Pusat Perhatian


Seorang peserta berjalan melewati layar di United Center, menjelang Konvensi Nasional Demokrat (DNC) di Chicago, Illinois, AS, 19 Agustus 2024. (Kevin Wurm/REUTERS)
Seorang peserta berjalan melewati layar di United Center, menjelang Konvensi Nasional Demokrat (DNC) di Chicago, Illinois, AS, 19 Agustus 2024. (Kevin Wurm/REUTERS)

Konvensi Nasional Partai Demokrat (Democratic National Convention/DNC) Amerika Serikat 2024 resmi dimulai. Dengan kehadiran tokoh-tokoh utama partai tersebut, konvensi itu diharapkan menjadi momentum untuk menarik suara pemilih jelang pemilu November mendatang. 

Konvensi Nasional Partai Demokrat secara resmi mulai berlangsung Senin malam (19/8) dan akan berakhir Kamis mendatang (22/8). Sejumlah pejabat dari Partai Demokrat dijadwalkan hadir dalam konferensi kali ini, termasuk Presiden Amerika Serikat Joe Biden, mantan Presiden Barack Obama, dan pasangan capres-cawapres dari Partai Demokrat dalam Pemilu AS mendatang, yaitu Kamala Harris dan Tim Walz.

Konvensi itu diperkirakan akan dihadiri puluhan ribu peserta, yang terdiri dari para delegasi dari berbagai negara bagian AS.

Terdapat dua lokasi utama konvensi, yaitu United Center dan McCormick Place, yang sama-sama berada di jantung Kota Chicago. Sejumlah kios cendera mata berjejer di kedua lokasi itu.

Sejumlah persiapan sudah dilakukan baik oleh komite pelaksana Konvensi Partai Demokrat; maupun pemerintah negara bagian setempat, khususnya Kota Chicago, untuk memastikan kelancaran jalannya konvensi.

Konvensi Partai Demokrat Dimulai, Biden dan Harris Menjadi Pusat Perhatian
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:35 0:00

Selain mengantisipasi puluhan ribu peserta, aparat keamanan yang terdiri dari Kepolisian Chicago dan Secret Service atau Paspampres juga mengantisipasi adanya aksi unjuk rasa yang diperkirakan berlangsung di sekitar arena konvensi. Hal ini penting mengingat Chicago memiliki sejarah panjang sebagai lokasi protes dan unjuk rasa selama acara-acara politik besar.

Berdasarkan pantauan tim VOA di lapangan, sejumlah pos pemeriksaan sudah dipersiapkan di sekitar area konvensi. Personel kepolisian dan Secret Service terpantau berjaga di sekitar arena konvensi dan melakukan patroli.

Tidak hanya itu, pengalihan arus lalu lintas juga diterapkan di sejumlah ruas jalan utama di Kota Chicago.

Pada hari pembukaan konvensi, menurut Gedung Putih, Presiden AS Joe Biden dijadwalkan akan memberikan pidato pembukaan pada sekitar pukul 22.00 malam waktu setempat. Pidato ini diperkirakan berfokus pada pencapaian pemerintahannya selama empat tahun terakhir dan rencananya untuk masa depan.

Para pengunjuk rasa berkumpul untuk berbaris menuju Konvensi Nasional Demokrat, Senin, 19 Agustus 2024, di Chicago. (Noah Berger/AP)
Para pengunjuk rasa berkumpul untuk berbaris menuju Konvensi Nasional Demokrat, Senin, 19 Agustus 2024, di Chicago. (Noah Berger/AP)

Sementara itu, calon presiden Partai Demokrat yang akan ikut dalam kontestasi Pilpres tahun ini, Kamala Harris, dijadwalkan memberikan pidatonya pada hari terakhir konvensi. Pidato tersebut nantinya diperkirakan menjadi momen penting untuk menegaskan perannya dalam pemerintahan Biden dan visinya untuk masa depan Amerika.

Konvensi Nasional Partai Demokrat adalah konvensi politik Amerika Serikat terakhir sebelum Pemilu pada 5 November mendatang.
Sebelumnya, Partai Republik telah melaksanakan konvensi nasional mereka pada pertengahan Juli.

Pada konvensi tersebut, calon presiden yang diusung oleh Partai Republik, Donald Trump, mengumumkan calon wakil presiden yang akan mendampinginya, yaitu senator asal Ohio, J.D. Vance, serta menyerukan persatuan pendukung Partai Republik dalam pilpres tahun ini. [th/ab/hj]

Forum

XS
SM
MD
LG