Tautan-tautan Akses

Konvoi Bus dan Truk Pasukan Turki Masuki Suriah 


Pasukan Turki dan AS dari patroli gabungan AS-Turki di Suriah utara, tiba di Akcakale, Turki, 8 September 2019.
Pasukan Turki dan AS dari patroli gabungan AS-Turki di Suriah utara, tiba di Akcakale, Turki, 8 September 2019.

Konvoi besar bus-bus yang membawa pemberontak Tentara Pembebasan Suriah dan truk-truk yang sarat dengan peralatan tiba di kota perbatasan Akcakale, Rabu pagi (9/10), dalam persiapan memasuki Suriah.

Konvoi itu dikirim ketika direktur komunikasi Presiden Tayyip Erdogan mengatakan militer Turki, bersama dengan Tentara Pembebasan Suriah akan “segera” melintasi perbatasan Suriah.

Dalam sebuah cuitan di Twitter, direktur komunikasi Presiden Turki Fahrettin Altun mengatakan bahwa militan Kurdi di sana bisa bergabung atau Ankara harus “menghentikan mereka agar tidak lagi mengganggu” perjuangan Turki melawan militan Negara Islam (ISIS).

Pada hari Selasa (8/10), Turki memindahkan peluncur roket dan artileri ke tempatnya di perbatasan dengan Suriah. Melalui media sosial, para pejabat Kurdi menuduh bahwa beberapa mortir sudah digunakan untuk menembaki posisi yang digunakan oleh pemberontak Suriah yang didukung oleh Amerika.

Pasukan Demokrat Suriah (SDF) di dekat perbatasan Turki mengatakan tidak ada korban dan bahwa pihaknya tidak menanggapinya, menyebut serangan itu “tidak beralasan.” [lt/uh]

XS
SM
MD
LG