Tautan-tautan Akses

Korban akibat Tornado di Midwest AS menjadi 26 Orang Tewas


Foto udara puing-puing rumah warga pasca dilanda tornado di kota Little Rock, Arkansas pada hari Jumat (31/3).
Foto udara puing-puing rumah warga pasca dilanda tornado di kota Little Rock, Arkansas pada hari Jumat (31/3).

Warga di wilayah Selatan dan Midwest (Barat tengah) Amerika hari Minggu (2/4) mengevaluasi kerusakan yang ditimbulkan oleh badai besar yang terjadi Jumat lalu (31/3), dan kemungkinan puluhan tornado lain yang akan tiba minggu ini. Sejauh ini sedikitnya 26 orang di berbagai kota tewas.

Badai meluluhlantakkan ibu kota Arkansas dan merobohkan atap sebuah tempat konser yang penuh sesak di Illinois. Warga masih tercengang dengan kerusakan yang ditimbulkan.

Diperkirakan sedikitnya delapan negara bagian terdampak beberapa tornado yang melanda wilayah mereka; menghancurkan rumah-rumah dan toko-toko, menumbangkan pohon-pohon dan membawa puing-puing reruntuhan ke seluruh wilayah.

Sembilan warga di Tennessee, empat di Wyne-Arkansas, empat di Illinois dan tiga lainnya di Sullivan-Indiana tewas dalam musibah itu. Beberapa korban tewas lain terkait badai itu dilaporkan terjadi di Alabama dan Mississippi. Pejabat kota Little Rock, Arkansas, mengatakan lebih dari 2.600 bangunan berada di jalur tornado itu.

Gubernur Arkansas Sarah Huckabee Sanders telah mengumumkan keadaan darurat dan mengaktifkan Garda Nasional. Sanders Sabtu lalu (1/4) menyerukan kepada Presiden Joe Biden untuk menyatakan keadaan darurat hingga mendapatkan bantuan federal untuk memulihkan situasi segera mungkin. [em/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG