Tautan-tautan Akses

Korean Air Pesan 40 Pesawat Boeing


Pesawat Boeing 737-300 maskapai Korean Air (warna biru muda di belakang) tampak diparkir di bandara Seoul (foto: ilustrasi).
Pesawat Boeing 737-300 maskapai Korean Air (warna biru muda di belakang) tampak diparkir di bandara Seoul (foto: ilustrasi).

Korean Air mengajukan pesanan pasti pada hari Senin (22/7) untuk 40 pesawat berbadan lebar Boeing 787 dan 777X di Pameran Dirgantara Farnborough di Inggris, sehingga seakan memberi dorongan kepada raksasa penerbangan AS yang sedang menghadapi kesulitan tersebut.

Kesepakatan tersebut, yang mencakup opsi penambahan 10 pesawat 787 lagi, bernilai $15 miliar berdasarkan harga katalog untuk jet hemat bahan bakar tersebut. Namun, maskapai penerbangan biasanya mendapatkan diskon besar untuk kontrak menguntungkan yang diumumkan pada acara tersebut.

“Saya memiliki kepercayaan penuh pada Boeing,” kata CEO Korean Air Walter Cho kepada wartawan pada upacara penandatanganan perjanjian tersebut, mengacu pada masalah keselamatan yang dialami perusahaan AS tersebut baru-baru ini.

“Kami sedang mengerjakan desain baru saat ini. Kami selalu mengupayakan pengalaman dan kenyamanan terbaik bagi pelanggan kami,” tambahnya.

Maskapai yang berbasis di Seoul ini memperkirakan pengiriman pertama akan dilakukan pada tahun 2028.

“Pesawat-pesawat baru ini akan meningkatkan kenyamanan penumpang dan meningkatkan efisiensi operasional, sekaligus mengurangi emisi karbon secara signifikan, mendukung komitmen jangka panjang kami terhadap penerbangan berkelanjutan,” kata Cho.

Farnborough Airshow, yang diadakan dua tahunan di bagian tenggara Inggris, adalah ajang kompetisi tradisional antara Boeing dan rival beratnya di Eropa, Airbus, dalam memperebutkan pesanan.

Namun Boeing akhir-akhir ini terpukul dalam produksinya di tengah-tengah munculnya kekhawatiran masalah keamanan pesawat-pesawat produksinya.

Pada bulan Januari, panel badan pesawat 737 MAX yang diterbangkan oleh Alaska Airlines meledak, memaksa pesawat tersebut melakukan pendaratan darurat.

Boeing pada hari Senin juga mengumumkan bahwa maskapai AS National Airlines telah memesan empat pesawat kargo berbadan lebar 777-200. [ab/uh]

Korean Air Pesan 40 Pesawat Boeing
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:07:24 0:00

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG