Tautan-tautan Akses

Kuartal Lalu, Perekonomian AS Tumbuh Lebih Cepat dari Perkiraan


PDB AS naik pada tingkat tahunan 2,8% kuartal lalu, di tengah menguatnya nilai dolar AS terhadap mata uang dunia lainnya (foto: ilustrasi).
PDB AS naik pada tingkat tahunan 2,8% kuartal lalu, di tengah menguatnya nilai dolar AS terhadap mata uang dunia lainnya (foto: ilustrasi).

Perekonomian AS tumbuh lebih cepat dari perkiraan pada kuartal kedua, sementara inflasi mereda, menurut data Departemen Perdagangan, Kamis (25/7). Produk domestik bruto dilaporkan naik pada tingkat tahunan 2,8% pada kuartal terakhir. Angka itu lebih tinggi dari ekspektasi para ekonom dan naik tajam dari pertumbuhan 1,4% pada kuartal pertama.

Sementara itu, ukuran utama inflasi yang disebut indeks harga belanja konsumsi pribadi atau PCE naik 2,9%, turun dari 3,7% pada kuartal sebelumnya.

Pertumbuhan yang stabil dan meredanya tekanan harga kemungkinan merupakan kabar baik bagi para pejabat bank sentral AS, Federal Reserve atau The Fed, menjelang pertemuan kebijakan yang akan berlangsung dua hari minggu depan.

Data Inflasi Puaskan the Fed, Suku Bunga Segera Turun?
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:00 0:00

The Fed secara agresif menaikkan suku bunga sejak 2022 untuk mengendalikan inflasi. Langkah tersebut dikhawatirkan akan menyeret perekonomian ke dalam resesi.

Meskipun pertumbuhan ekonomi solid, prospek untuk paruh kedua tahun ini masih belum jelas. Namun begitu, resesi diperkirakan tidak akan terjadi, dan dilonggarkannya kebijakan moneter diperkirakan akan terjadi pada tahun ini.

Pasar keuangan memperkirakan tiga kali penurunan suku bunga, dimulai pada September. [ka/ab]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG