Tautan-tautan Akses

Kuba Lepaskan 52 Tahanan Politik


Hasil perundingan Gereja Katolik, Spanyol dan Castro berujung pada pembebasan tahanan politik masal terbesar di negara ini.

Gereja Katolik di Kuba mengumumkan pemerintah setempat telah setuju membebaskan 52 orang tahanan politik. Sementara itu, lima tahanan politik lain akan dibebaskan dalam beberapa jam lagi untuk bertolak ke Spanyol.

Uskup Agung Havana Jaime Ortega mengeluarkan pernyataan pada hari Rabu, yang mengatakan 47 tahanan lainnya juga akan dibebaskan dalam bulan-bulan mendatang. Persetujuan ini diumumkan di Havana setelah Menteri Luar Negeri Spanyol Miguel Angel Moratinos bertemu dengan Ortega, Presiden Raul Castro dan para pejabat lain. Moratinos berada di Kuba pekan ini untuk membicarakan isu hak asasi manusia dan topik-topik lain.

Moratinos menyatakan kepuasan setelah pengumuman Gereja Katolik dan mengatakan keputusan pemerintah tersebut telah membuka “era baru” di Kuba.

Ini adalah pembebasan tahanan politik masal terbesar di negara pulau ini dalam waktu yang sangat lama. Gereja Katolik mengatakan ke-52 orang ini, termasuk di antara 75 orang yang ditangkap tahun 2003. Ketika itu, pemerintah Kuba menindak mereka yang kritis terhadap pemerintah.

XS
SM
MD
LG