Tautan-tautan Akses

Kunjungi Kairo, Menlu Jepang dan Mesir Bahas Rusia, Fukushima, dan Turisme


Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry (kanan) menerima mitranya, Menlu Jepang Yoshimasa Hayashi di Kairo, hari Selasa (5/9).
Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry (kanan) menerima mitranya, Menlu Jepang Yoshimasa Hayashi di Kairo, hari Selasa (5/9).

Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi, Selasa (5/9), bertemu Menteri Luar Negeri Mesir, Sameh Shoukry, di Kairo. Ini lawatan pertama Hayashi ke republik Arab tersebut sejak menjabat.

Dalam jumpa pers, Hayashi mengatakan bahwa Jepang akan mendukung sektor swasta yang memasuki pasar Mesir. Ia juga mengomentari dampak serius penolakan Rusia untuk memperbarui Inisiatif Bij-bijian Laut Hitam terhadap pasar bahan pangan (gandum) internasional.

“Saya menjelaskan kepada Menteri Shoukry dan menyerahkan laporan komprehensif kepada Badan Energi Atom Internasional bahwa pembuangan air limbah dari (pembangkit listrik tenaga nuklir) Fukushima dilakukan sesuai standar dan praktik internasional dan sesuai semua tindakan pencegahan keselamatan yang ada,” kata Hayashi.

Dalam kesempatan itu, Shoukry memuji dimulainya kembali penerbangan langsung maskapai Mesir, Egypt Air, antara ibu kota kedua negara, yang dijadwalkan mulai 14 September.

“Kami berharap ini akan memberi dampak signifikan terhadap pergerakan pariwisata Jepang ke Mesir,” kata Shoukry. [ka/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG